Olahraga

Popnas XV 2019 Resmi Ditutup, Ini Posisi Banten

SERANG – Kontingen pelajar Banten sukses meraih prestasi maksimal di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019, yang berlangsung di DKI Jakarta pada 17-25 November. Di mana mampu menduduki peringkat keenam perolehan medali akhir.

Dari data yang didapat, Banten menyegel urutan keenam usai meraih sembilan emas, tujuh perak, dan 15 perunggu. Itu artinya, Banten mampu memperbaiki posisi di event Popnas sebelumnya. Saat berlaga di Jawa tengah pada 2017, berada di klasemen ketujuh. Berarti ada perbaikan satu tingkat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten, Deden Apriandhi mengaku puas meski sebenarnya capaian yang diharapkan tidak terwujud.

Banten diketahui mencanangkan target maenembus lima besar Popnas XV 2019. Sayangnya hanya berada satu strip di bawah mimpi mereka. “Ya Alhamdulillah sih dengan tempat keenam juga. Semuanya harus kami syukuri bersama. Yang penting atlet sudah berjuang dengan sekuat tenaga,” papar Deden kepada wartawan, Minggu (24/11/2019).

Lagipula, bila melihat daerah yang berada di atas Banten seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa tengah, dan Bali, pantas mereka di posisi enam. “Kami mengukur diri juga lah. Lima daerah besar yang memang sulit dikalahkan,” ucapnya.

Yang jelas, pasca Popnas XV, pihaknya akan melakukan evaluasi menyeluruh agar bisa di perlombaan berikutnya mampu meningkatkan kualitas atlet yang ada, juga kuantitas atlet yang berpotensi mendapatkan medali.

“Kami akan mengembangkan kapasitas atlet juga pelatihnya. Ditambah lagi, akan intens menerapkan sistem sport sains. Jadi itu bisa menjadi tolok ukur kami ke depannya, bakal bagaimana atlet pelajar Banten ini,” ujarnya.

Disinggung soal bonus untuk atlet, ia menyampaikan tidak usah dirisaukan. Gubernur Banten Wahidin Halim sudah meminta dirinya untuk menyiapkan bentuk apresiasi kepada atlet, tidak hanya di Popnas XV. Melainkan di kejuaraan lainnya.

“Hanya saja untuk angkanya saya lupa. Namun yang jelas sudah ada dan siap dikucurkan pada Januari atau Februari tahun depan,” pungkasnya.

Penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *