News

Ini Target KPU Soal Partisipasi Pemilih di Pilkada Kabupaten Serang 2020

SERANG – Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Serang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencanangkan target tinggi untuk jumlah pertisipasi pemilih, yakni di angka 80 persen.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar. Kata dia, kenapa dicanangkan demikian, karena belajar dari pengalaman 2015 silam. Di mana angka pemilih di Kabupaten Serang terendah yakni hanya 52 persen.

“Di 2020, bagaimana caranya bagi kami, jumlah partisipan bisa bertambah di persentase 80 persen,” papar Abidin kepada awak media, Rabu (8/1/2020).

Ia melihat, trennya sekarang sedang meningkat. Saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017 ada di angka 78 persen. Lalu di Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2020 mencapai 80,2 persen. “Insya Allah sesuai dengan target. Doakan saja, kami sebagai penyelenggaran akan bekerja keras,” janjinya.

Untuk mewujudkan angka 80 persen, KPU sendiri diakui Abidin melakukan banyak gerakan. Seperti mengadakan workshop yang melibatkan banyak elemen, melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan tiga instansi seperti Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang sudah dilakukan.

Selanjutnya akan melibatkan RT/RW dan teman-teman dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk datang door to door ke rumah warga agar menggunakan hak pilihnya. “Dan kita pun akan laksanakan warwar ke kampung-kampung H-2 dan H-1 sebelum hari pemungutan suara. Semoga apa yang kami rancang bisa berjalan sesuai harapan,” inginnya.

Penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *