Politik

Jelang Pilbup Kabupaten Serang, Jalur Perseorangan Mulai Dilirik

SERANG – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Serang, jalur independent mulai dilirik satu pasang calon bakal Bupati dan Wakil Bupati.
Pasangan atas nama Sukma dan Aris Munandar yang diketahui dua hari belakangan intens datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menanyakan mekanismenya seperti apa.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Serang, Divisi Teknis, Idrus. Kata dia, melihat profil yang masuk, Sukma adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Cikande dan pasangannya Aris adalah karyawan swasta.

“Benar, sudah dua hari belakangan, keduanya datang ke kantor kita untuk menanyakan bagaimana tata cara mendaftar dari jalur persorangan. Yang kita jawab normatif sesuai aturan yang ada,” jelas Idrus kepada awak media, Kamis (16/1/2020).

Kata dia, salah satu syarat utama adalah, bakal calon harus membawa berkas dukungan sebanyak 76.752 KTP yang disi ke dalam surat B1-KWK atau surat pernyataan. “Kan nanti B1-KWKnya dilampirkan dan harus ditandatangani oleh pendukungnya masing-masing,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan kepada bakal calon tersebut, siapapun yang berniat mencalonkan diri jadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang periode 2020-2025 harus menyerahkan data, harus membuat SK tentang LO, dan operator agar memudahkan komunikasi.

“Sebagai penghubung lah. Soalnya kan waktunya sudah mepet. Penyerahkan berkas itu dari tanggal 19-23 Februari. Data bakal calon sudah harus masuk di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU pusat baru setelahnya dibuka oleh kami untuk diverifikasi dan dilihat adminstrasinya,” bebernya.

Disinggung apakah ada waktu penambahan bila ada berkas bakal calon yang kurang, dirinya menegaskan tidak ada. “Jenjang waktunya memang dari 19 sampai 23 Februari saja. Bila sampai 26 Februari, itu untuk verifikasi data administrasi. Tahapannya sudah diatur jadi tidak bisa diubah,” tegasnya.

Penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *