News

607 Peserta Ikuti Tes PPK di Kabupaten Serang

SERANG – Sebanyak 607 orang mengikuti seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, di MTs I Ciruas, Kamis (30/1/2020). Sedangkan tiga orang dinyatakan tidak bisa ikut karena tak lulus adminstrasi.

Komisioner KPU Kabupaten Serang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Siti Maryam mengatakan, tiga orang yang tidak lolos karena tidak memenuhi ketentuan. Pertama terdeteksi Daftar Calon Tetap (DTC), kedua periodisasi, dan terakhir tidak melengkapi berkas.

“Makanya gugur saat administrasi. Jadi, yang ikut tes hari ini hanya 607 orang dari 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Serang,” papar Maryam kepada awak media.

Hal senada disampaikan Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar. Kata dia, yang ikut seleksi adalah teman-teman yang lolos verifikasi administrasi.

“Nah, mereka semua ikut tes tertulis. Di mana wajib menjawab 50 pertanyaan yang telah disiapkan panitia. Tes hanya berlangsung satu hari tidak ada tambahan,” kata Abidin.

Untuk soalnya sendiri, disampaikannya, meliputi pengetahuan umum, tentang kepemiluan, dan tentang kewilayaan. “Tiga aspek itu yang diujikan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Abidin menegaskan, KPU Kabupaten Serang panitia seleksi PPK akan bertindak seobjektif mungkin. Yang jadi PPK nantinya, orang-orang yang benar-benar terpilih karena kualitas dan kemampuannya.

Disinggung berapa kuota yang akan terjaring dari tes tertulis, ia menyampaikan dibutuhkan dua kali lipat dari kebutuhan. “Jadi dari 607 ini, hanya 290 orang yang terpilih untuk melaju ke tahapan selanjutnya. Hitungannya dua kali lipat dari kebutuhan yakni 145 PPK,” terangnya.

Setelah tes tulis, tiga hari ke depan akan diumumkan lalu mengikuti fase wawancara. “Endingnya tanggal 28 Februari sudah pengumuman fiks siapa saja 145 PPK di Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang 2020 dan 29 Februari langsung pelantikan badan ACD Hoc PPK,” tutupnya.

Penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *