News

Tenggelamnya Kapal Perang Amerika di Selat Sunda Pada Perang Dunia II

CILEGON – USS Houston (CA-30) merupakan kapal armada perang milik Amerika Serikat ketika perang pasifik pecah di laut Bali.

Nahas, kapal penjelajah kelas Northampton yang diluncurkan pada tahun tanggal 7 September 1929 itu kandas di Selat Sunda ditangan angkatan laut kekaisaran Jepang pada perang dunia ke-II tahuh 1942.”Houston merupakan kapal bendera armada Asia untuk Amerika Serikat,” dikutip dari Wikipedia.org.

Selama pertempuran di perairan Hindia- Belanda armada perang Amerika tersebut dikenal sebagai “Galloping Ghost of the Java Coast” atau hantu gentayangan di Perairan Jawa karena kerap lolos dari serangan meski sudah terkena senjata musuh.

“Kapal ini terkena serangan bom pesawat terbang Jepang, yang membuat turet meriam nomor tiganya rusak. Ia berkali—kali dikabarkan tenggelam oleh propaganda Jepang,”

Selain tangguh di perairan Jawa, Galloping Ghost of the Java Coast itu pernah membawa presiden terpilih Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt pada tahun 1933 dengan berlayar sejauh 19.308 kilometer sehingga dijuluki “Little Flagship of the Fleet” kapal bendera kecil dari armada.

Kepala Bidang Kerjasama Bilateral Amerika Kemenko Polhukam Kolonel Laut Bambang Pramushinto mengatakan, perairan Selat Sunda yang menjadi lokasi tenggelamnya USS Houston kapal perang milik Amerika Serikat pada masa perang dunia ke-II itu akan dijadikan kawasan konservasi maritim.

“Proses penetapan kawasan konservasi ditargetkan 7 tahun. Memakan waktu lama karena dua pihak harus bertemu dan mencapai kesepakatan bersama (Indonesia-Amerika Serikat),” katanya saat Rakor penetapan kawasan konservasi maritim di Pendopo Gubernur Banten, Kamis (28/2).

Penulis :WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *