Olahraga

Pengurus Dayung Ciptakan Suasana Enjoy di Pelatda PON XX/2020 Papua

SERANG – Pada Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) cabang olahraga (cabor) dayung jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua, pengurus mencoba menciptakan suasana yang enjoy. Di mana para atlet tidak hanya fokus untuk berlatih saja, tapi ada selingan yang berbeda.
Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Pengprov PODSI) Banten, Ahmad Yaman.

Kata dia, bila atlet tiap hari hanya dipaksa berlatih saja, kasihan. “Mereka butuh sesuatu yang berbeda, sehingga pelatda yang muaranya ke PON XX/2020 Papua tidak dijadikan beban. Namun sebagai sumber kebutuhan, layaknya makan sehari-hari,” papar Yaman kepada awak media Minggu (8/3/2020).

Hanya saja, pihaknya tidak melakukan hal mewah ataupun program kusus. Pengurus, pelatih, dan atlet hanya menyempatkan waktu untuk berkumpul ria bersama. Walaupun hanya sekadar makan-makan saja.

“Bukan hanya latihan bersama terus menerus, tapi diselingi pula dengan bacakan atau kumpul masak-masak sampai makan bareng. Sehingga tingkat kejenuhan atlet atau pengurus tak ada. Juga dapat meningkatkan kekompakkan tim,” ucapnya.

Disinggung soal persiapan dayung Banten sekarang, ia membeberkan masih dalam tahap persiapan umum. Di mana melatih fisik dan kecepatan mendayung atlet agar bisa memenuhi best limit yang ditentukan.

“Kan tidak bisa dipungkiri, cabor dayung masuk dalam olahraga terukur. Jadi, kita butuh catatan limit waktu yang oke untuk bisa mendulang medali di PON XX/2020 Papua nanti. Makanya harus dilatik kecepatan mendayungnya,” tuturnya.

Ia membeberkan, untuk fase umum ditarget selesai pada Maret. Sehingga tahapan selanjutnya bisa dimulai sejak awal April. Namun bila kurang, akan terus dioptimalkan.
Sementara Ketua Umum KONI Banten, Rumiah Kartoredjo berharap, cabor dayung bisa jadi andalan untuk Banten saat berlaga di Bumi Cenderawasih (julukan Papua). Soalnya, salah satu cabang yang rutin menyumbang medali untuk Banten di pesta olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.

Penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *