Olahraga

Latih Daya Tahan Atlet, Ini Yang Dilakukan Tarung Derajat

SERANG – Cabang Olahraga (cabor) tarung derajat terus mematangkan kemampuan atletnya jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Yang terbaru, melakukan latihan di salah satu pantai di Anyar Kabupaten Serang, guna melatih endurance atau daya tahan.
Pelatih Tarung Derajat Banten, Santoso mengatakan, pihaknya sengaja melakukan latihan daya tahan di Anyar. “Kan latihan di areal pantai berbeda daripada tempat lainnya. Lebih berat. Dan program itu saya sisipkan di tengah pemantapan teknik bertarung. Meski masih genjot teknik, ya sesekali melatih daya tahan Abidin dan M Ari Fadli,” papar Santoso kepada awak media kemarin.

Dijelaskan, pihaknya hanya ingin menjalani latihan dengan suasana berbeda dibanding saat latihan rutin. Latihan di pantai, diungkapnya, lebih mengutamakan untuk mempertahankan spirit latihan dua atlet tarung derajat Banten dalam berlatih. Ditegaskannya, di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, menjaga mood atlet untuk latihan dengan intensitas tinggi menjadi tantangan tersendiri buat pelatih.

Perubahan mood atlet diyakini akan berdampak pada tujuan latihan yang ingin dicapai. Apabila atlet turun mood latihan, maka akan sulit mencapai hasil latihan yang maksimal.

Secara umum di luar latihan di pantai, melihat kemampuan dua atlet cabor kodrat terus mengalami peningkatan, walau Abidin dan M. Ari Fadli melahap menu latihan teknik tarung lebih banyak dibanding latihan fisik.

“Latihan fisik saya serahkan kepada atlet untuk melakukannya sendiri atas dasar kebutuhan mereka untuk meraih prestasi. Meski menu latihannya saya berikan tapi hasilnya saya berharap dari tanggung jawab dan disiplin atlet itu sendiri,” tegasnya.

Lebih jauh dikemukakan Santoso, pilihannya melakukan latihan teknik lebih utama dibanding fisik, karena ujung dari latihan yang dijalani atlet Banten adalah bertarung di gelanggang PON. Jadi yang dibutuhkan atlet tarung derajat Banten adalah bagaimana menerapkan teknik bertarung saat latihan dalam pertarungan sesungguhnya.

Sementara terkait rencana try out atau uji tanding atlet tarung derajat Banten, Sekretaris Umum Kodrat Banten, Redra Widiatmoko menyatakan, memastikan tidak akan melakukannya di tahun 2020. Hal tersebut terkait tempat tujuan atlet Banten melakukan try-out dalam kondisi status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Kalau pun ada nanti di tahun 2021, kita mengubah tempat tujuan try-out di wilayah Lampung atau Yogyakarta. Kita memilih lawan yang lolos ke PON tapi tidak satu kelas dengan Abidin dan Ari, kelasnya beda dua kilogram dengan atlet Banten,” tukasnya.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *