Politik

Bawaslu Imbau Calon Maksimalkan Kampanye Daring

Serang, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten menghimbau kepada kontestan yang ikut dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di empat daerah untuk memaksimalkan kampanye melalui daring atau online. Mengingat kasus positif corona atau COVID-19 di Banten terus meningkat.

Pada tahun ini ada empat daerah di Banten yang menggelar Pilkada, yakni Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Pandeglang.

Komisioner Bawaslu Banten Nurhayati Solapari mengatakan, seluruh bakal pasangan calon, partai politik dan tim pemenangan harus mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam rangka upaya pengendalian penyebaran virus corona dengan memaksimalkan kampanye daring dan mengurangi pertemuan tatap muka.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Banten telah menetapkan untuk melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh wilayah.

“Kami memahami sedang Pilkada tapi prinsif keselamatan harus menjadi hal utama dalam proses perhelatan pilkada tahun ini jangan sampai pelaksanaan Pilkada memunculkan klaster baru (COVID),”kata Nurhayati saat dikonfirmasi, Senin (14/9/2020).

Kendati demikian, pihaknya masih memperbolehkan para calon untuk melakukan kampanye tatap muka ke masyarakat namun harus tetap menerapkan protokol pencegahan, menjaga jarak, menggunakan masker, menghindari kontak fisik jabat tangang dan jumlah kehadiran dibatasi hanya sebanyak 50 orang sesuia debgan pasal 49 Ayat (1) Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada dalam Kondisi Bencana Non-alam.

“Kami himbau semua paslon dan parol harus mengedepankan kesadaran hukum untuk sama-sama mentaati aturan pilkada dan menaati aturan protokol pencegahan,”katanya.

Berdasarkan Pemprov Banten kasus positif corona di wilayahnya mencapai sebanyak 3.434 kasus. Rinciannya sebanyak 788 orang masih dirawat, sebanyak 2.494 orang sembuh dan sebanyak 151 meninggal dunia dengan rata-rata penambahan kasus harian sebanyak 50 kasus lebih.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *