News

Antisipasi Kerawanan Pilkada Banten, Polda-Kodam Silawangi Terjunkan 3.500 Personel

Serang, – Sebanyak 3.500 anggota tim gabungan dari TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja diterjunkan dalam rangka pengamanan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Banten.

Ada tiga daerah yakni Kabupaten Pandeglang, Kaupaten Serang dan Kota Cilegon yang menggelar pilkada masuk dalam wilayah hukum Polda Banten dan Kodam III Siliwangi.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, kerawanan pada perhelatan Pilkada mulai dari pelaksanaan proses pendaftaran, kampanye, pemungutan suara, sampai dengan penghitungan suara hingga penetapan calon. Sehingga pada setiap tahap proses tersebut harus dilakukan pengamanan dalam rangka mewujudkan pilkada yang aman kondusif dan tidak terjadi konflik antar pendukung.

Semuanya kita liat dari perkembangan situasai bahwa masih dalam situasi yang terkendali, jadi kita akan menjaga stabilitas keamanan itu sesuai dengan tugas masing-masing,” kata Pangdam saat memimpin apel kesiapsiagaan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di alun-alun Kota Serang, Rabu (25/11/2020).

Disampaikan Pangdam, sejauh ini pemerintah telah mengeluarkan anggaran besar untuk penanganan virus corona atau COVID-19. Dia berharap seluruh masyarakat maupun peserta pilkada untuk mentaati protokol kesehatan untuk mengurangi jumlah kasus COVID-19.

“Kalau sudah diingatkan tidak mengikuti, polisi, Satpol PP akan mengambil tindakan dan di backup oleh TNI. Ya kita bubarian karena itu sudah melanggar prokes,” katanya.

Ditempat yang sama Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar menyampaikan gangguan paling rawan dalam perhelatan Pilkada tahun ini adalah kesehatan. Rawan terjadi kerumunan sehingga potensi penyebaran virus corona pada saat pelaksanaan pencoblosan san penghitungan suara sangat besar.

“Ancaman kita saat berhimpun menyaksikan perhitungan. Makanya masyarakat tunggu hasilnya di rumah saja,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *