Politik

Persiapan Pengamanan TPS, 4 Ribu Personel Pengamanan Jalani Tes COVID-19

Serang, – Polda Banten akan menerjunkan sebanyak 4 ribu personel untuk mengamankan gelaran Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang. Dua pertiga kekuatan itu akan diterjunkan di tiga wilayah yakni Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Pandeglang.

Sebelum disebar ke sebanyak 6.092 tempat pemungutan suara (TPS), seluruh personel pengamanan terlebih akan menjalani tes cepat COVID-19 atau rapid test.

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar mengatakan, pemeriksaan tes COVID-19 tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona saat pelaksanaan pemilihan mendatang. Jika ditemukan anggota yang terpapar COVID-19 maka akan diisolasi ke Rumah Sakit Bhayangkara dan digantikan oleh personel lain.

“Yang reaktif akan dilanjutkan swab anti gen, kalau masih reaktif akan dilaksanakan PCR swab. Yang hasilnya betul positif nanti kita isolasi sesuai arahan Kapolri diisolasi di rumah sakit Bhayangkara Polda Banten, tidak diizinkan isolasi mandiri,” kata Kapolda saat memimpin apel gelar pasukan di Mapolda Banten, Senin (7/12/2020).

Dalam memjalankan pengamanan tersebut anggota polri akan mendapat bantuan kendali operasi (BKO) dari TNI sebanyak 1.074 personel agar perhelatan Pilkada Serentak tahun ini berjalan lancar.

“Selama tiga hari pasukannya akan melakukan pengamanan Pilkada di masing-masing wilayah, kalau memanas maka kita akan tambah waktu pengamanan,” katanya.

Dia pun menghimbau kepada seluruh personel yang bertugas untuk menjaga netralitas aparat kepolisian karena hal tersebut adalah bagian dari prinsif. Jika ditemukan ada penyimpangan maka dirinya tidak segan-segan akan memberi sanksi tegas terhadap anggota yang melanggar.

“Hal itu sudah menjadi prinsip kita, kalau tidak netral nanti ada letupan. Sampai saat ini alhamdulillah belum ada tanda-tanda penyimpangan terhadap norma,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *