News

Orang Dengan HIV/AIDS, Waria Hingga PSK di Serang Disuntik Vaksin COVID-19

Serang, – Ratusan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), pekerja seks komersil (PSK), komunitas waria hingga anak jalanan di Kota Serang disuntik vaksin COVID-19. Vaksinasi ini digelar di Gedung Traning Center Kampus UPI Serang, Selasa (7/9/2021).

Kegitan ini dilakukan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Banten bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Serang dalam rangka melindungi kelompok minoritas di Ibukota Banten dari virus corona.

Khaerunnisa Bidang Program KPA Provinsi Banten menyampaikan, saat mengikuti kegiatan ini mereka tidak ada rasa takut atau cemas saat para akan divaksinasi. Sebaliknya mereka sangat antusias saat screening kesehatan dan dilanjutkan dengan suntikan vaksinasi.

Peserta dari anggota komunitas yang mengikuti vaksinasi sebanyak 257 orang. Terdiri dari kelompok ODHA, waria, anak jalanan, PSK dan lelaki seks dengan laki-laki (LSL).

“Memang belum tercover semua bertahaplah mudah-mudahan ini satu kesempatan yang baik. Semoga daerah lain juga bergerak,” kata Khaerunnisa kepada wartawan.

Disampaikan Nisa, khusus untuk ODHA sebelum menerima vaksin COVID-19 mereka harus menjalankan terapi antiretroviral (ARV) untuk mengantisipasi dampak yang buruk diterima pasca vaksinasi. Mereka menerima vaksin jenis sinovac.

“Ada pendamping akses ARV mereka diinfokan dulu disana. Kalau ada dampak mereka dipantau. Yang penting untuk penyintas HIV harus terbuka di meja registrasi,” katanya.

Dikatakan Nisa, jika melihat data orang dengan HIV/AIDS cukup banyak di Kota Serang, namun perlu keberanian bagi mereka untuk mengikuti vaksinasi terkait dampak dari vaksin COVID-19.

“Karena mereka harus yakin dengan diri sendiri vaksinnya apa?. Karena beredar juga berbagai informasi (hoaks). Disisi itu kuotanya belum terlalu banyak kita juga minta 50,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *