NewsOlahraga

Banten Mulai Dekati Peringkat 10 Besar

JAYAPURA – Kontingen Banten mulai tancap gas. Dalam klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, mereka mulai mendekati zona target, yaitu 10 besar.

Dengan tambahan dua emas, dua perak perak dan dua perunggu pada Rabu (6/10/2021), Banten kini bertengger di posisi ke-11 dengan raihan empat emas, sembilan perak dan 16 perunggu.

Emas Banten diraih oleh Adam Bilawa di nomor ketepatan mendarat dual seater putra cabang olahraga (cabor) terbang layang. Satu emas lagi didapat Dexy Priany memastikan torehan medali emas dari kategori RS one putra.

Medali perak direngkuh Tri Kahono yang tampil cabor terbang layang nomor duration flight dual seater putra dan Maesaroh cabor atletik di kelas lompat jangkit.

Sedangkan perunggu disumbang Putrini Sianturi atlet biliar yang tampil di nomor bola 10 dan pasangan Gregory Roger Wardojo/Haiqal Yaqzan yang berlaga di cabor layar nomor International 420 putra.

Menurut Agus Susanto, manajer cabor terbang layang Banten di PON XX, hasil satu emas dan satu perak sebenarnya masih jauh dari targetnya. Di awal, mematok tiga emas.

“Sayang, persoalan cuaca jadi kendala buat anak-anak asuh saya, terutama Adam di nomor Duration Flight. Tapi inilah hasil akhir yang harus kita syukuri. Selebihnya akan saya jadi evaluasi ke depannya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Pengprov Porlasi) Banten, Asep Yusuf Syahril, menyatakan perasaan bahagia lantaran bisa menjaga tradisi medali emas PON yang diraih Ratiah di PON XIX/2016 Jawa Barat.

“Alhamdulillah berkat dukungan doa dari orang-orang di sekitar kita dan masyarakat Banten kami bisa meraih medali emas. Sebenarnya untuk meraih medali emas cukup berat karena lawan Dexy dari Jakarta memberikan perlawanan ketat, selain berdoa saya minta sama atlet untuk pantang menyerah harus terus berusaha semaksimal mungkin,” jabarnya sambil berlinang air mata.

Perasaan bahagia pun dinyatakan oleh Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo. Capaian dua medali emas menambah optimisme KONI Banten, di mana atlet-atlet Banten bisa menambah pundi-pundi medali.

“Mohon doa dan restu warga Banten agar atlet Banten bisa semakin cemerlang di Bumi Cendrawasih,” pungkasnya.

Berarti dengan tambahan pundi-pundi hari Rabu (6/10/2021), Banten naik empat tingkat karena sebelumnya masih berada di urutan 15 klasemen sementara Selasa (5/10/2021).

Ada sembilan provinsi bercokol di atas posisi Banten. Berurutan dari pemuncak, mereka adalah Jawa Barat, Papua, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Riau, Sumatera Utara dan Kalimantan Timur dan Lampung.

Lalu, ada empat provinsi yang disalip dan kini posisinya berada di bawah Kontingen Banten. Mereka adalah Jambi, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan Aceh.

Namun selisih medali antara Banten dengan kompetitor di bawahnya tidak terpaut jauh. Hanya beda jumlah satu emas. Lengah sedikit, bukan tak mungkin bakal terkejar.

Jika saja terus mendulang medali dengan konsisten, terutama emas, bisa jadi target Banten masuk 10 besar tercapai di PON XX Papua ini.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *