News

Vaksinasi Usia 6-12 Tahun di Kabupaten Serang Segera Dimulai

SERANG – Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa memastikan pada pekan depan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai 12 tahun dimulai. Menyusul, vaksin masyarakat usia di atas 12 tahun sudah mencapai 69,58 persen.

“Insya Allah nanti minggu depan kita garap (vaksinasi) anak-anak dari mulai umur 6 sampai 12 tahun,” ujar Pandji usai rapat evaluasi percepatan vaksin bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para camat dan kepala puskesmas di 29 kecamatan Kabupaten Serang secara virtual di Pendopo Bupati Serang, Jumat (7/1/2022).

Nanti, katanya, segera diadakan rapat persiapan teknis dulu sehingga kegiatan masih kompak seperti yang sudah dilaksanakan di umur di atas 12 tahun dan melibatkan semua unsur.

Oleh karenanya, ia meminta kepada para camat, kepala desa dan kepala puskesmas untuk mengadakan juga rapat koordinasi (rakor) bagi para kepala sekolah untuk meyakinkan kepada para orang tua siswa bahwa pihaknya menjamin vaksinasi kepada anak-anak aman.

“Jangan khawatir karena nanti sebelum divaksin, akan ada skrining. Jika pemeriksaan sang anak tidak layak di vaksinasi, yang tidak akan diberi. Tapi kalau sehat, ya divaksin,” tuturnya.

Sedangkan untuk vaksinasi masyarakat usia di atas 12 tahun tetap berlangsung supaya bisa mencapai 100 persen sampai akhir Desember 2022 mendatang dari target sebanyak 1.259.754 orang. Namun untuk angka capaian 70 persen sebagai syarat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna vaksin anak-anak.

“Jadi jangan menggarap anak-anak dulu kalau belum 70 persen. Nah kita sudah mencapai 70 persen makannya tidak mau kalah dengan kabupaten atau kota lain. Apalagi sekarang pak Kapolres dan pak Dandim semua akan memasukan PCR ke Faskes Kabupaten Serang,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi menyampaikan, pihaknya telah berkirim surat ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kemendagri dan Gubernur Banten untuk merealisasikan vaksinasi anak usia 6 sampai 12 tahun. Tujuannya agar Kabupaten Serang bisa memulai walaupun memang pencapaian data per KTP maupun Faskes belum 70 persen.

“Kami sudah koordinasikan. Sedangkan untuk capaian vaksin per 6 Januari 2022 berdasarkan KTP sudah 69,58 persen. Per hari ini (kemarin,red) Insya Allah sudah 70 persen data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPN),” jabarnya.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *