HeadlineNews

Selain Warga Kota Serang, Wali Kota Juga Titip Calon Siswa Dari Luar Daerah

Serang, – Selain merekomendasikan siswa ke SMAN 1 Kota Serang, rupanya Wali Kota Serang Syafrudin juga titip calon siswa ke sejumlah sekolah menengah atas (SMA) lain di Kota Serang.

Bahkan, dari surat rekomendasi yang berbentuk soft file yang diterima wartawan, salah satu siswa yang direkomendasikan orang nomor satu di Kota Serang itu ada pula yang berasal dari Bandar Lampung.

Namun, saat dikonfirmasi hal tersebut, Wali Kota Serang Syafrudin membantah dan dia mengaku hanya merekomendasikan calon siswa yang berasal dari Kota Serang. Dari latar belakang orang tua yang kurang mampu dan bukan dari kalangan pejabat.

“Untuk warga kota warga biasa, tukang ojek, tukang becak, warga gak mampu bukan pejabat,” tutur dia.

Dia menjelaskan, apa yang dilakukannya itu hanya untuk membantu warganya yang ingin melanjutkan mengeyam pendidikan di jenjang SMA sederajat. Diklaim hal itu tidak bertentangan dengan aturan yang ada dalam pelaksanaan PPDB.

“Orang namanya mau sekolah bukan praktek itu bukan itu, namanya mau sekolah siapapun kalau bisa dibantu,” katanya.

Sebelumnya, Ombudsman Banten prihatin atas adanya surat rekomendasi Wali Kota Serang Syafrudin untuk menitipkan siswa agar lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Praktik tersebut dinilai sebagai bentuk pelanggaran atau maladministrasi.

“Itu ketidakpahaman tata cara prosedur serta asas prinsip yang diselenggarakan. Ombudsman menyeru wali kota (serang) untuk memahami aturan dan prinsip PPDB,” kata Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman Banten, Zainal Muttaqin, Senin (27/6/2022).

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *