Jurnalis warga

Asyiknya Wisata ke Pulau Tunda

SERANG – Pulau Tunda merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa sebelah utara Teluk Banten. Pulau Tunda memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Keindahan pesona alam yang masih terawat menjadikan tempat ini cocok untuk wisatawan yang menginginkan suasana pantai.

Pulau yang luasnya sekitar 280 hektare ini berada di Desa Margasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Provinsi Banten menyuguhkan obyek wisata mulai dari pesisir pantai, hutan mangrove hingga objek wisata bawah lautnya yang kaya dan elok bagi para penyelam.

Keindahan biota laut seperti dikatakan Ali Sobri, salah satu pemandu wisata Pulau Tunda menjadi daya tarik bagi wisatawan. “Salah satu wisata yang pasti dikunjungi, snorkeling (menyelam) di karang donat. Berbentuk bulat keemasan,” ungkap Sobri, Sabtu (18/6/2022) lalu.

Untuk menarik wisatawan, ia bersama Kepala Desa Pulau Tunda Hasyim membentuk wadah masyarakat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Selain menyelam, ada juga area memancing dan tumah tinggal untuk wisatawan.

Sobri menyampaikan pihaknya menyediakan fasilitas paket perjalanan ke Pulau Tunda selana 2 hari 1 malam. Wisatawan akan diajak menjelajah wisata pantai selama perjalanan. Untuk tempat bermalam, pengelola wisata menyediakan rumah tinggal di pemukiman warga.

“Untuk paket 10 orang wisatawan, hanya 4 jutaan sudah include (termasuk) semuanya, mulai dari sewa kapal, homestay (pemginapan) peralatan snorkling (menyelam) makan 4 kali, hingga dokumentasi dan lain-lain,” tutur Ali Sobri saat ditemui di Pulau Tunda.

Jamal, salah satu nahkoda kapal yang biasa mengantarkan wisatawan ke Pulau Tunda menceritakan bahwa sebelumnya jumlah wisatawan ke Pulau Tunda turun drastis sejak pandemi Covid-19 melanda. Namun seiring turunnya angka penderita Covid-19 dan pelonggaran oleh pemerintah wisatawan kembali berdatangan ke Pulau Tunda.

Bagi wisatawan yang akan ke Pulau Tunda bisa menempuh perjalanan laut menggunakan kapal dari dermaga Karangantu, Desa Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Di dermaga Karangantu wisatawan bisa menggunakan kapal KMP Tunda Ekpres atau kapal nelayan lainnya yang ada di pelabuhan tersebut.

Lama perjalnan laut dari Karangantu ke Pulau Tunda sekira 2 jam dengan tiket Rp20.000 per orang. “Wajar sih ongkos Rp20 ribu sekali jalan, karna solar kapal kan enggak murah belum lagi bulak-balik kapal dari Pelabuhan Karangantu Ke Pulau Tunda hingga kembali lagi ke Pelabuhan Karangantu itu bisa menghabiskan sedikitnya 100 liter solar,” ujarnya.

Jurnalis Warga

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *