HeadlineOlahraga

Mental Atlet Panjat Tebing Butuh Perbaikan Jelang Porprov VI

TANGERANG – Penampilan atlet Kabupaten Tangerang di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing 2022 perlu di evaluasi oleh jajaran pelatih. Yang paling disorot adalah mentalitas atlet saat bertanding yang belum sesuai ekspektasi.

Dikemukakan Pelatih Panjat Tebing Kabupaten Tangerang, Ari Purnomo, saat tampil di Kejurnas atlet yang dikirim menunjukkan penampilan yang tak optimal. Atlet terkesan grogi sehingga melakukan kesalahan sendiri saat pertandingan.

Bahkan untuk nomor speed catatan waktu yang dihasilkan saat Kejurnas masih di bawah catatan waktu saat latihan. Atlet masih sulit melakukan koordinasi saat melakukan pemanjatan sehingga raihan waktunya berbeda dengan saat latihan.

“Anak-anak nervous (demam panggung) saat bertanding dengan atlet-atlet nasional, karena ajang ini levelnya adalah nomor dua di bawah Pekan Olahraga Nasional (PON) sehingga banyak atlet nasional yang turun,” jelasnya.

Diungkapkannya, mentalitas atlet jadi penyebab dropnya penampilan atlet panjat tebing Kabupaten Tangerang. Hal tersebut dinilai wajar karena sebagian besar atlet yang tampil baru kembali tampil di ajang level nasional setelah dua tahun belakangan berkutat dengan pandemi virus corona atau Covid-19.

“Saya seperti mengajari atlet dari nol lagi, tapi buat saya banyak pelajaran kami dapat dari event Kejurnas kali ini. Itu jadi modal buat saya membenahi kemampuan atlet agar lebih baik lagi sebelum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten,” jabarnya.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *