News

Bangkitkan Ekonomi, Kecamatan Mancak Buka Galeri UMKM Mancak Istimewa

SERANG – Pemerintah Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang membuka Galeri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mancak Istimewa. Ini untuk membantu para pelaku usaha dari segi pemasarannya.

Ke depannya diharapkan dapat membangkitkan kembali perekonomian khususnya para pelaku UMKM di Kecamatan Mancak terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Galeri UMKM Kecamatan Mancak atau Mancak Istimewa ditujukan untuk membantu pelaku UMKM di Kecamatan Mancak yang menurut data sementara ada 500 pelaku UMKM,” kata Camat Mancak, Erwin Saepullah, Minggu (4/8/2022).

Ia menyebutkan, yang paling terdampak selama pandemi virus corona itu ternyata banyak pelaku UMKM yang tidak beroperasi lagi. Sehingga dengan dibuatnya Galeri UMKM, mudah-mudahan sebagai bentuk ikhtiar dan diharap para pelaku UMKM bisa bangkit kembali.

“Sebagaimana yang sudah menjadi tagline dari pemerintah pusat agar kita pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ucap Erwin.

Galeri UMKM yang bertempat di Kantor Kecamatan Mancak, menurutnya, karena Kantor Kecamatan Mancak merupakan etalase besar dari Kecamatan Mancak sehingga banyak sekali pihak-pihak luar baik dari daerah, provinsi maupun pusat bahkan mungkin dari pihak-pihak ketiga.

“Banyak masyarakat juga yang bertamu kepada kami di sini, jadi saya berpikir itu sebuah pasar. Kemudian saya berinisiatif untuk membuat sebuah display UMKM di mana tamu-tamu yang datang ke kecamatan bisa melihat sekaligus melihat dan memanfaatkan produk-produk UMKM tersebut,” ungkapnya.

Jadi, kata dia, besar harapannya UMKM di Kecamatan Mancak segera bangkit kembali, perputaran ekonomi terutama ekonomi mikro cepat berjalan di Kecamatan Mancak dan mereka bisa lebih cepat recovery (pemulihan) setelah mengalami pandemi Covid-19 yang cukup panjang.

Selain memasarkan produk UMKM di Galeri UMKM, dirinya menerangkan, pihaknya turut memasarkan melalui digital yakni website Kecamatan Mancak dan untuk galeri UMKM sudah di upload. Bahkan pihaknya pun menginstruksikan kepada operator website Kecamatan Mancak untuk selalu update produk-produk UMKM.

“Saya berharap ada pihak lain, masyarakat lain memperkaya periklanan itu sehingga Mancak kemudian beserta UMKM nya bisa dikenal masyarakat luas,” tuturnya.

Adapun untuk produk UMKM yang dipasarkan, yakni yang paling banyak produk makanan lantaran produk utama Mancak adalah emping. Katanya, emping Mancak mempunyai kualitas yang baik.

“Tetapi sekarang ekonomi kreatif (ekraf) sudah mulai jadi ada yang memproduksi kaos dengan branding Mancak Istimewa, ada sovenir yang terbuat dari batok kelapa, produk-produk kearifan lokal baik dari lidi, anyaman bambu yang sebetulnya jadi target sasaran saya arena produk kearifan lokal semakin lama semakin punah, pelakunya sudah sedikit di Desa Ciwarna, di Kampung Ciwindu tinggal empat pelaku. Kemudian sovenir yang dari cangkir itu dari batok kelapa,” urainya.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *