HeadlineNews

Usai Diprotes, Kadisnaker Banten Cabut Pernyataan Soal 3 Pabrik Akan Hengkang

Serang, – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Septo Kalnadi mencabut pernyataannya soal tiga pabrik raksasa akan hengkang dari Provinsi Banten ke Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Septo saat didatangi berbagai serikat buruh di Provinsi Banten soal kabar tersebut di kantornya, Selasa (15/11/2022).

“Saya nyatakan omongan itu tidak benar dan kita berharap tiga perusahaan itu tetap bertahan di Banten kemudian kita berupaya menciptakan hubungan industri dengan baik dan kondustif,” kata Septo.

Dia menegaskan, bahwa ketiga perusahaan tersebut tidak merelokasi pabriknya, dan hanya melakukan ekspansi usaha ke Jawa Tengah. Pihaknya mengklaim telah mengkonfirmasi langsung ke perusahaan terkait.

Sayangnya, pernyataan ini disampaikan Septo setelah adanya protes dari berbagai kalangan karena dinilai telah membuat gaduh.

“Bukan gak jadi hengkang, tidak hengkang mereka hanya ekspansi bisnis dalam managemen bisnis ada metode tertentu untuk mempertahankan usaha ditengah bayang-bayang krisis 2023,” katanya.

Padahal sebelumnya, dia menyebut tiga pabrik raksasa bakal hengkang dari Provinsi Banten dan pindah ke Jawa Tengah pada 2023 mendatang. Ketiga pabrik tersebut adalah PT Nikomas Gemilang, PT Parkland Word Indonesia (PWI) dan KMK Global Sport.

Bahkan, dia mengatakan, bahwa pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran imbas ekspansi bisnis tiga perusahaan keluar Banten. Untuk proses PHK pun, lanjutnya, ada prosedur panjang yang harus dilakukan perusahaan yang akan memberhentikan karyawannya.

“Insyaallah aman tidak ada perubahan (PHK) apa-apa. PHK ada prosedurnya salah satunya meminta izin ke Disnaker setempat dan itung-itungannya tidak mudah karna harus memberikan hak-hak pekerja,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *