HeadlineNews

Staff Khusus Kepresidenan Melakukan Kunjungan Pengelolaan Sampah di Kota Cilegon

Cilegon – Staff khusus kepresidenan republik Indonesia melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung Kota Cilegon yang bertujuan untuk memantau perkembangan pabrik sampah jumputan.
24/01/2023.

Upaya ini dilakukan sejalan dengan komitmen Indonesia dalam rangka transisi energi ini merupakan buah kerja sama antara Pemkot Cilegon dengan PT Indonesia Power sehingga mengurangi jumlah sampah yang cukup besar hingga menurunkan emisi.

Staff Khusus Kepresidenan Republik Indonesia Diaz Hendropriyono mengatakan inovasi Kota Cilegon yang memanfaatkan sampah menjadi sumber daya terbarukan yang di olah menjadi tenaga listrik ini sangatlah perlu di terapkan di seluruh Indonesia.

“Iya inovasi di Kota Cilegon yang memanfaatkan sampah menjadi sumber daya tenaga listrik ini perlu di terapkan di seluruh Indonesia agar bisa mengurangi sampah dan melepas ketergantungan sumber daya alam,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan di Kota Cilegon sendiri mampu mengolah sampah sebanyak Tiga Puluh Ton per harinya dan rencananya akan di lakukan pengembangan lebih.

“Di Kota Cilegon sendiri mampu mengolah sampah sebanyak Tiga Puluh Ton per harinya dan rencananya akan dilakukan pengembangan pabrik pengolahan bahan bakar jumputan oleh pemerintah setempat,” kata Diaz.

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian menjelaskan pihaknya akan mengembangkan pabrik bahan bakar jumputan yang berada di TPSA Bagendung agar dapat mengolah sampah Dua Ratus Ton per harinya.

“Kedepannya pihak kami akan mengembangkan pabrik bahan bakar jumputan yang berada di TPSA Bagendung agar dapat mengolah sampah sebanyak Dua Ratus Ton per harinya setelah mendapatkan dana hibah sebesar Seratus milyar rupiah dari Bank dunia,” ujar Helldy.

Di akhir, dengan adanya pengembangan pabrik sampah tersebut Kota Cilegon bisa mengurangi sampah dengan jumlah yang cukup besar serta mengurangi produksi emisi yang mencemari udara.

Penulis : Ivan Nuryadi

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *