News

Pelaksanaan Anggaran 2022 Kabupaten Serang Sesuai Perencanaan

SERANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang memberikan rekomendasi baik terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Serang Tahun anggaran 2022. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua DPRD setempat Bahrul Ulum.

Ia mengatakan saat rapat paripurna penyampaian keputusan DPRD tentang rekomendasi DPRD Kabupaten Serang atas LKPJ Bupati Serang Tahun anggaran 2022, Kamis (27/4/2023).

Kata dia, secara umum pelaksanaan anggaran tahun 2022 sudah sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan yang tertuang dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) serta Perda Nomor 8 Tahun 2021 tentang APBD.

“Kami berharap keberhasilan atas capaian-capaian pada tahun 2022 harus dipertahankan serta ditingkatkan,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menyampaikan rasa syukur. “Alhamdulillah LKPJ tahun anggaran 2022 direkomendasikan baik tetapi memang masih ada catatan-catatan yang itu menjadi evaluasi kami,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, hampir semua target-target yang ditetapkan pada tahun 2022 tercapai dengan optimal, baik itu pertumbuhan ekonomi dari yang ditargetkan sebesar 2,9 persen tercapai sebesar 5,04 persen dan Indek Pembangunan Manusia (IPM) pun mengalami kenaikan walaupun belum signifikan.

“Untuk tingkat kemiskinan dari target 4,22 persen tercapai 4,96 persen. Hanya untuk pengangguran tebuka capaiannya masih di bawah target,” tuturnya.

Tatu mengaku telah memberi tugas kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membuat program yang langsung menyentuk ke masyarakat dalam rangka menekan tingkat pengangguran terbuka. “Untuk sektor pertanian kita lihat sumbangsih terhadap PDRB tingkat ketiga tapi serapat tenaga kerjanya besar sekali dan Kabupaten Serang punya lahan yang luas,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, telah menugaskan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar menginventarisi tanaman-tanaman yang punya nilai tinggi di pasaran. “Kita punya hasil-hasil produksi pertanian yang mempunyai nilai yang baik di pasar, jadi harus kita tingkatkan lagi produksinya,” paparnya.

 

penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *