Advertorial

Pengurus TKDV Kabupaten Serang Dikukuhkan

SERANG – Masalah pengangguran menjadi perhatian semua pemerintah daerah, tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten Serang. Tingginya angka pengangguran di suatu daerah berdampak pada menurunnya kesejahteraan masyarakat dan meningkatnya angka kemiskinan.

Bertempat di Forbis Hotel, Kecamatan Waringinkurung, Selasa (16/7/2024), pengurus Tim Koordinasi Daerah Revitalisasi Pendidikan Vokasi (TKDV) Kabupaten Serang dikukuhkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaaan (Kemenko PMK) Waristo.

TKDV sendiri merupakan transformasi dari Skills Development Center (SDC) yang dibentuk oleh pemerintah pusat. Berbagai lintas sektor terlibat dalam kepengurusan TKDV yang semuanya berkomitmen untuk mengatasi masalah pengangguran di Kabupaten Serang.

“Telah dilakukan pengukuhan pengurus TKDV, di mana ini sebuah alat dan instrumen bertemunya stakeholder, baik teman-teman pendidikan, teman-teman ketenagakerjaan dan teman-teman industri,” ujar Warsito.

Adapun tujuan dibentuknya TKDV yakni dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keterampilan dan kompetensi sesuai dengan yang dibutuhkan industri. Para pengurus TKDV didorong untuk segera menyusun progran kerja dan langkah-langkah nyata untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di daerah.

“Salah satunya bagaimana menangani usia produktif kita agar benar-benar berkinerja. Parameternya ada tiga, pertama bekerja, kedua berwirausaha dan ketiga sedang studi lanjut, enggak boleh ada status lain atau pengangguran,” ucapnya.

 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang, Diana Ardhiyanti Utami mengatakan, TKDV merupakan transformasi dari SDC, yang digulirkan pada tahun 2023 lalu. Adapun yang duduk di TKDV, antara lain Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sebagai pembina dan Sekda Kabupaten Serang Nanang Supriatna sebagai Ketua.

Kemudian Wakil Ketua I, II dan III yaitu dari Disnakertrans, Bappeda dan Kadin. Sedangkan untuk Sekretarisnya adalah Asda II Pemkab Serang Febriyanto dan anggotanya adalah OPD terkait, lembaga pendidikan, bursa kerja khusus, organisasi industri, dunia usaha, wirausaha, PHRI, seluruh stakeholder dan perkumpulan lembaga personalia.
“Jadi semua duduk di sana (TKDV), agar bagaimana kita berupaya menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan meningkatkan perekonomian Kabupaten Serang,” jelasnya.
Diana menuturkan, berkaca pada lima tahun sebelumnya, TPT di Kabupaten Serang diangka 13 persen, kemudian turun 12,22 persen dan sekarang 9,94 persen. Namun demikian dirinya berharap di tahun mendatang TPT bisa terus turun.
“Agustus 2024 adalah momen di mana BPS mengadakan Sakernas. Nah, Sakernas itu untuk menghitung TPT di kabupaten kota,” ungkapnya.
Disinggung mengenai tugas TKDV, dirinya menerangkan, TKDV memiliki peranan penting untuk menjembatani para pencari kerja. Karena tingginya angka pengangguran penyebabnya adalah antara tenaga yang dididik dan dilatih tidak sesuai dengan kesempatan kerja yang ada. “Jadi kita coba jembatani,” tandasnya.(ADV)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *