News

Pjs Wali Kota Cilegon Tak Terima Diputuskan Tak Netral di Pilkada Banten

Serang, – Pjs Wali Kota Cilegon Nana Supiana menolak putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang yang menyatakan terbukti melanggar kode etik tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada Banten 2024.

Pria yang juga menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten itu pun membantah telah bertindak tidak netral.

“Iya kode etik itu mestinya kan secara objektif saya diberi tahu, kan ini diumumkan, saya jg baru tahu hari ini, tidak diberitahukan objeknya gak tau. Tapi saya pastikan tidak ada pelanggaran,” kata Nana saat dikonfirmasi, Senin (30/9/2024).

Terkait kehadirannya di kegiatan deklarasi dukungan relawan Jaringan Paguyuban Pasundan Banten terhadap bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Andra Soni-Ahmad Dimyati Natakusumah tersebut, kata dia, hanya sebatas memenuhi undangan.

Itu pun, lanjutnya, dalam undangan disebutkan kegiatannya adalah pemberian penghargaan literasi dan tidak tahu mengenai kegiatan deklarasi.

“Kemudian duduk pasif dan tidak melakukan apa-apa. Clear itu, undangannya juga ada. Saya sudaha ngasih keterangan sejelas-jelasnya,” katanya.

Kendati demikian, ia mengaku tidak keberatan saat acara berlangsung disisipi kegiatan deklarasi terhadap salah satu pasangan calon. Sebab, kata dia, statusnya disana hanya sebagai tamu undangan.

Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan sebelum adanya penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten.

“Itu kan soal demokrasi, semua punya hak pilihan. Kan PNS juga boleh nyoblos, hanya tidak boleh, tidak hanya sekedar netral tapi juga hrs profesional, jangan lupa itu,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Pj Gubernur Al Muktabar, mengaku, pihaknya belum bisa memutuskan terkait sanksi yang diberikan kepada Pj Wali Kota Cilegon yang dinyatakan terbukti tak netral di Pilkada. Sebab, kata dia, hingga saat ini belum menerima salinan putusan dari Bawaslu Kota Tangerang tersebut.

“Saya sampai hari ini belum menerima yang tertulis apa isinya, nanti pelajari apa isinya. Prinsif kita akan menegakan aturan yang berlaku,” katanya.

 

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *