Olahraga

Tes Event Bola Basket, Banten Tak Berkutik

MIMIKA – Tim bola basket Banten petik pelajaran berharga saat melakoni tes event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua di Mimika Sport Complex, pada 14-18 Desember 2019. Meski pasukan Agung Cristyanto tak meraih satu kemenangan pun, namun evaluasi menyeluruh didapat.

Dari data yang berhasil dihimpun, Banten kalah dari Papua dengan skor 67-77, lalu Sulawesi Selatan 70-72, Jawa Tengah 71-91, dan Bangka Belitung 63-75. Pelatih Bola Basket Putra Banten, Agung Cristyanto mengaku tak kecewa. Soalnya Dia menilai, pertandingan ini hanya sebagai ajang untuk mengukur kemampuan tiap individu. Hasilnya pun cukup positif setelah mereka melalui semua duel.

“Saya susah menemukan karakter masing-masing pemain. Perlahan sudah terbentuk. Setelah event tersebut, saya dan coaching staf sudah tahu harus mempersiapkan apa dan bagaimana ke depannya,” ujarnya kepada awak media, Kamis, (19/12/2019).

Hanya saja, kata dia, ada catatan kusus yang didapat di Papua. Di mana Kevin Michael dkk kedodoran soal fisik. “Saya lihat awal permainan cukup mengimbangi. Game plan Banten di kuarter satu dan dua berjalan sesuai intruksi disetiap bentrok. Namun di babak selanjutnya buyar. Pecah kosentrasi karena fisik merosot tajam, makanya keok,” tuturnya.

Sementara salah satu pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Banten yang mendampingi ke Papua yakni Daniel Haryatama optimistis, sebelum bertolak ke Bumi Cenderawasih (julukan Papua) tahun depan, kualitas pemain basket Banten sudah membaik.

“Nanti kita maksimalkan di Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON. Masih ada waktu untuk memperbaikinya, tidak usah khawatir. Rangkaian ujicoba pun telah disiapkan,” bebernya.

Penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *