News

Semarak Lomba Tari Kreasi “Langenmaita Art Festival”

Serang – Salah satu kewajiban dari seorang mahasiswa adalah pendidikan dan pengembangan. Kaitannya dengan itu, kesenian adalah suatu hal yang hidup berdampingan dengan masyarakat sejak zaman dahulu, terutama pada kesenian daerah patutnya harus dilestarikan. Dengan adanya acara ini mahasiswa dapat memberikan edukasi juga kesempatan bagi para seniman untuk berkarya dan terus berkembang dalam menciptakan sebuah karya.

Langenmaita Art Festival 2022 ini dibawah naungan Bapak Dadang Dwi Septian, M.Pd sebagai dosen pengampu mata kuliah. Mata kuliah ini berada di semester 6 pendidikan seni pertunjukan untirta yaitu mata kuliah manajemen produksi. Dimana seorang mahasiswa dituntut untuk memproduksi atau mengatur sebuah acara secara bersama dengan struktur kepanitiaan yang jelas.
Salah satu bagian dari acaranya adalah ‘’Lomba Tari Kreasi’’ yang dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2022 . Dengan penuh dukungan dari pihak kampus dan jurusan terutama bapak kajur Suhaya S.Sn., M.pd beliau berpesan kepada mahasiswa untuk ‘’terus lakukan hal-hal positif dan kreatif dalam mengadakan sebuah acara, saya akan dukung penuh’’ ujarnya.

Lomba tari kreasi ini bertemakan ‘’ Keindahan Bahari Banten’’ yang merupakan garapan baru dari para seniman yang mengikuti lomba ini. Acara lomba ini dibuka oleh salah satu dosen pendidikan seni pertunjukan, bapak Hadiyatno M.Pd., dan dihadiri oleh beberapa dosen lainnya.
Lomba tari kreasi ini langsung dinilai oleh dewan juri yang mumpuni dibidangnya, salah satunya oleh ketua DPD ASETI provinsi Banten bapak Yogi Hadiansyah, M.Pd. dan ditemani dosen tari pendidikan seni pertunjukan ibu Dwi Junianti Lestari S.Sn., M.Pd dengan penilaian yang sangat sportif. Antusiasme dari para peserta sangat terlihat pada bentuk garapannya maupun pada proses garapnya.

Tujuan diadakannya lomba ini yaitu sebagai ajang kompetisi sekaligus menjalin silaturahmi antar seniman serta untuk mendorong para seniman agar terus berkarya dengan penuh kreativitas yang tinggi.
Lomba ini dimenangkan oleh Sanggar Pamanah Rasa yang dibimbing oleh seniman tari asal Pandeglang Banten yaitu ibu Rini Apriani S.Pd. Mereka dengan ide kreatifnya mengangkat ‘’Curug Putri’’ sebagai karya tari, dimana curug putri ini adalah salah satu tempat wisata terkenal di Banten yang kerap dikunjungi wisatawan.

Tak lupa kami pun turut mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung penuh acara kami, terutama para sponsor, para donatur, dan media partner yang sudah membantu kami untuk kelancaran acara ini.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *