News

Kasus Hepatitis Akut Sudah Ada di Banten, Dinkes Sisir Anak Yang Belum Imunisasi

Serang, – Kasus hepatitis akut sudah ditemukan di Provinsi Banten. Pasien yang terpapar virus baru itu ditemukan di Rumah Sakit Mandaya Royal Hospital Puri Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, petugas survailans dari mulai di tingkat Puskesmas sampai dinas kesehatan kabupaten atau kota diminta untuk mengantisipasi dengan melakukan skrining.

Disampaikan Ati, petugas juga akan melakukan sweeping kepada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi hepatitis. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang menyerang anak-anak tersebut.

“Jadi untuk mencegah terjadinya hepatitis akut pada anak,” kata Ati, Rabu (25/5/2022).

Karena hepatitis bagian dari penyakit yang menular, maka pihaknya telah menyiapkan di ruangan isolasi untuk perawatan pasien, untuk ruangan khusus tersendiri setiap rumah sakit tersedia ruang isolasi.

Nah ruang isolasi itu yang akan digunakan menangani pasien hepatitis. Mudah – mudahan tidak ada lagi agar kita bisa tetap aktif terus kegiatan,” katanya.

Sementara, itu untuk pasien usia 3 tahun yang terpapar hepatitis akut di Kota Tangerang, saat ini masih dalam penanganan dan pemantauan tim doker dari Dinkes Banten dan Kementerian Kesehatan RI.

“Tim masih melakukan pembahasan,” katanya.

Dia menghimbau, masyarakat khusus orang tua untuk tetap memberikan gizi yang seimbang terhadap anak sehingga daya tahan tubuh anak baik dan bisa terhindar dari virus tersebut.

“Lalu pasti perilaku hidup sehat itu nomor satu. Jangan makan sepiring bersama,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *