News

DPKD Latih Pengelola Perpustakaan Desa untuk Tingkatkan Pengetahuan

SERANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) memberikan pelatihan lanjutan tenaga pengelola perpustakaan desa se-Kabupaten Serang, di Aula Tb Saparudin pada Selasa (28/6/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas para pengelola perpustakaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPKD Kabupaten Serang, Ida Nuraida mengungkapkan, acara itu diikuti sebanyak 10 desa di 10 kecamatan. “Untuk setiap desanya kita ambil dua orang, yaitu untuk menambahkan pengetahuan keterampilan yang sesuai dengan prosedur,” paparnya.

Wanita yang juga menjabat sebagai Asisten Daerah (Asda) III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Serang tersebut berkeinginan agar perpustakaan desa lebih berkembang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, kemudian bisa berinklusi sosial.

“Artinya, punya manfaat bukan hanya ilmu yang didapat dari perpustakaan tapi bisa dipraktekkan untuk kesejahteraan masyarakat. Misalnya, contoh ada buku bersumber misal dari tata boga, membuat lainnya jadi masyarakat bisa mempraktekkan,” ucapnya.

Oleh karenanya, mengajak kepada warga Kabupaten Serang lebih ditingkatkan lagi untuk lebih gemar membaca. Karena membaca adalah salah satu jendela pengetahuan. “Mudah-mudahan ilmu yang didapat dari buku sangat bermanfaat, mari kita ke perpustakaan desa,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca pada DPKD Kabupaten Serang, Andi Suriati menyampaikan, pelatihan lanjutan dari tahun 2021 dikhususkan bagi tenaga pengelola perpustakaan diharap perpustakaan di desa bisa lebih dimaksimalkan pengelolaannya.

“Selama ini meski banyak perpustakaan di desa, tapi karena SDM kurang keterampilan pengelolaannya juga masih kurang. Jadi lebih jelasnya tujuan pelatihan tersebut untuk lebih memaksimalkan pengelolaan perpustakaan di desa,” tuturnya.

Adapun untuk pesertanya dari 10 desa tersebar di 10 kecamatan, meliputi Desa Citamana Kecamatan Ciomas, Desa Tegla Maja Kecamatan Kragilan, Desa Kamasan Kecamatan Cinangka, Desa Pengawinan Kecamatan Bandung, Desa Teras Kecamatan Carenang, Desa Siremen Kecamatan Tanara, Desa Singarajan Kecamatan Pontang, Desa Pagintungan Kecamatan Jawilan, Desa Ranca timur Kecamatan Kopo dan Desa Kubang Jaya Kecamatan Petir.

Penulis:Nm

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *