Politik

KPU Kabupaten Serang: Jalur Perseorangan Sepi Peminat

SERANG – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Serang, jalur persorangan sepi peminat. Dibuka sejak Desember 2019 lalu sampai sekarang, belum ada satupun yang mencoba mendaftar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Abidin Nasyar membenarkan hal tersebut. Kata dia, sampai hari ini peminatnya belum ada, bahkan yang menanyakan persyaratan ataupun berkonsultasi ke KPU tidak ada. Padahal, tahapannya sudah dibuka dan dimulai serta diumumkan ke masyarakat melalui media masa.

“Kan untuk jalur perseorangan, dari Desember 2019 sampai Februari nanti harus menyerahkan berkas dukungan. Salah satunya adalah dukungan KTP total 76.752 suara yang dilengkapi dengan BI KWK yang harus berisi data dan tandatangan pendukung, termasuk pekerjaan si pendukung tadi,” papar Abidin kepada awak media di ruang kerjanya, Kamis (2/1/2020).

Setelah penyerahan berkas, nanti ada verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Diumumkan lolos atau tidak pada Juni mendatang, berbarengan dengan waktu pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Serang 2020-2025.

“Mungkin banyaknya persyaratan jadi kendala bagi bakal calon yang ingin maju lewat jalur independent. Tapi ya kita lihat saja sampai Februari nanti. Siapa tau ada bakal calon yang masih menyiapkan berkas. Yang jelas kan jadwal tahapannya sudah ada. Bila nantinya ada atau tidak yang mendaftar, kami tetap menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya,” jelasnya.

Penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *