HeadlineNews

Cuaca Ekstrem, Pj Gubernur Banten Minta Warganya Tak Bepergian Keluar Kota

Serang, – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meminta warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota saat libur tahun baru mendatang. Hal tersebut lantaran, mengingat kondisi cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi di sejumlah daerah termasuk Banten hingga awal tahun 2023.

“Kita perlu arif dan bijaksana kalau akan berpergian, perjalanan dalam beberapa hari ini. kalau tidak terpaksa dan sangat penting di pertimbangkan lagi (menunda) teknis secara personal,” kata Al Muktabar kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Pria yang akrab disapa Al tersebut, menyarankan agar masyarakat menghabiskan libur akhir tahun di daerah masing-masing dengan mendatangi tempat wisata dan hiburan yang ada.

Mengunjungi pameran produk UMKM yang digelar ditengah kota seperti di Alun-alun Kota Serang yang saat ini tengah berlangsung. Tidak mendatangi tempat yang rawan bencana.

“Selain aman, aktifitas itu (perekonomian) mendukung tata kelola ekonomi dalam pemulihan pasca Pandemi COVID-19,” katanya.

Namun lanjut Al, bagi masyarakat yang terpaksa sudah melakukan perjalanan ke daerah rawan bencana seperti daerah pegunungan dan pesisir pantai agar berhati-hati dan mewaspadai cuaca ekstrem.

“Sekarang secara umum masih cukup baik (kondisi cuaca), mudah- mudahan cuaca ekstrem itu tidak terjadi,” tuturnya.

Terkait persiapan kebencanaan, mantan Sekda Banten itu telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten untuk menyiapkan segala upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam dampak dari cuaca ekstrem.

Termasuk mempersiapkan dapur umum dan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak bencana alam.

“Kita punya banyak stok bahan pangan terutama beras yang minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar kita,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *