HeadlineHukrim

7 WN Iran Dituntut Mati Karena Selundupkan 319 Kg Sabu

Serang, – Delapan warga negara Iran menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Serang atas perkara penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 319 kilogram sabu melalui jalur Selat Sunda ke Indonesia. Persidangan ini digelar secara online.

Dari delapan terdakwa, tujuh diantaranya dituntut pidana hukuman mati oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Cilegon dan Kejagung. Ketujuh terdakwa tersebut yakni Abdul Rahman Zardkuhi, Ayub Wafa Salak, Abdol Aziz Barri, Usman Damani, Shahab Syahraky, Wali Mohmmad Paro dan Wahid Baluch Kari.

“Menjatuhkan tujuh terdakwa dengan pidana mati,” kata JPU Sudiono, Riani Uli Naretta dan Yudha Pratama secara bergantian di PN Serang, Selasa (19/9/2023).

 

Sementara, satu orang terdakwa yakni Amir Naderi dituntut berbeda dengan tujuh terdakwa lain pidana mati. Amir dituntut dengan pidana penjara seumur hidup oleh JPU.

“Sedangkan terdakwa Amir Nadiri terdakwa mengakui perbuatannya dan menunjukan tempat penyimpanan narkoba pada saat penangkapan,” katanya.

Jaksa penuntut menyatakan, kedelapan terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana, permufakatan jahat atau melawan hukuman menyerahkan atau menerima narkona golongan satu bukan jenis tanaman beratnya melebihi 5 gram.

“Sebagaimana dengan pasal pasal 114 ayat 2 dan atau pasal 112 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” katanya.

Adapun pertimbangan dibedakan tuntutan terhadap Amir dikarenakan terdakwa membantu proses penyidikan dan penuntutan ini. Dan dialah yang membuka dimana letak narkotika jenis sabu seberat 319 kg gersebut disimpan oleh pelaku lainnya.

Sementara, tujuh terdakwa lainnya terkesan mempersulit proses jalannya persidangan sehingga berkali-kali harus dilakukan oleh secara offline. Dan juga telah dilakukan pemeriksaan setempat oleh pihak Pengadilan Serang untuk menentukan fakta kejadian yang terjadi diatas kapal.

“Untuk masing-masing terdakwa ini telah mendapatkan uang muka 5 juta rial Iran. Pemberian sembako juga telah diberikan oleh bosnya yang disana,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *