News

Masyarakat Labuan di Mata Cagub Banten 2024 Andra Soni, Yang Pernah Terdampar di Sebuah Terminal Dekat Bioskop

PANDEGLANG – Kota Labuan, Pandeglang ternyata punya kenangan tersendiri bagi Andra Soni, Cagub Banten 2024 yang maju berpasangan dengan Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024 ini.

Ia mengaku pernah terdampar pada suatu malam di Kota kecil itu, lantaran keinginannya menemui seseorang ketika usianya masih belasan tahun.

Tahun 90-an, Andra Soni kecil baru duduk di bangku SMP. Ia yang tinggal bersama kakaknya di daerah Larangan Ciledug tiap hari bolak balik ke Jakarta untuk bersekolah. Keberanian bepergian telah menjadi modal, lantaran kerap ditempa kesulitan sejak usia dini.

Saat kelas 2 SMP Andra Soni berupaya mencari kakak asuhnya yang pulang kampung ke Kecamatan Labuan, Pandeglang. Hingga akhirnya ia terdampar di sebuah terminal tak jauh dari bioskop, tepat di pusat kota Kecamatan Labuan.

“Saya nyari Mang Ujang, kakak asuh saya. Katanya di Labuan, yaudah saya naik bus dari Kalideres sampai Labuan. Tanpa pikir panjang, pokoknya mau ke Labuan,” kenang Andra Soni, ketika menginjakan kaki di Labuan, tepatnya di Pondok Pesantren An Nur Sukasari, Kampung Lor, Desa Kalang Anyar beberapa waktu lalu.

Kenang Andra, saat itu ia sampai di terminal Labuan sore menjelang malam. Namun setibanya di terminal Labuan, Andra Soni pun bingung hendak pergi kemana, untuk mencari kakak asuhnya. Lantaran ia tak memiliki alamat lengkap.

“Yang saya tahu, Mang Ujang di Labuan. Waktu itu terminalnya gak jauh dari bioskop, ya di pasar itu,” katanya, seraya tertawa mengenang keluguannya di masa lalu.

“Saya masih SMP waktu itu,” sambung Andra lagi, sambil memeluk bahu Mang Ujang yang menemuinya saat bersilaturahmi ke keluarga besar Pengasuh Pondok Pesantren An Nur Suka Sari.

Andra pun tak sungkan-sungkan menceritakan masa lalunya itu kepada sejumlah orang yang menemuinya kala itu. Karena menurutnya perjalanan itu telah menjadi bagian dari kisah hidupnya.

Dikisahkan Andra, disaat dirinya kebingungan lalu bertemu seseorang, yang akhirnya menolongnya. Sosok penolong itu memberikan tumpangan menginap hingga memberinya makan. Esok harinya Andra pun kembali pulang ke Jakarta menaiki bus tujuan Kalideres, Jakarta Barat.

Hingga saat ini ia tak pernah tahu siapa sosok yang telah menolong dirinya tersebut. Namun yang ia ingat, orang tersebut rumahnya tak jauh dari terminal Labuan (terminal lama, red). Ia pun pernah mencari tahu, namun tak berhasil. Karena peristiwa itu terjadi puluhan tahun silam.

Untuk diketahui, terminal Labuan tahun 90-an berada di sekitar pasar tak jauh dari Bioskop Ganesha. Bioskop itu punya pengusaha otomotif yang posisinya berdampingan dengan Pul Bus Murni.

Ketika ditanya tentang masyarakat Labuan dimatanya, Andra Soni mengatakan jika masyarakat Labuan adalah masyarakat yang ramah, yang biasa membantu sesama.

“Memang waktu itu saya terdampar, tapi tidak ada rasa takut. Orang-orang yang saya temui wellcome, sampai akhirnya saya bertemu orang yang menolong saya itu. Labuan ini kota yang damai, wajar kalau sekarang menjadi salah satu tujuan wisata. Karena masyarakatnya ramah-ramah,” katanya.

Kenangan masa silam itu tak pernah bisa hilang dari ingatannya. Walau hingga saat ini masih punya rasa penasaran, tentang siapa sosok yang pernah menolongnya itu.

Singkat cerita, kini Andra Soni maju di Pilgub Banten 2024 berpasangan dengan Dimyati Natakusumah, sosok politisi sukses yang pernah menjabat Bupati Pandeglang dua periode dan menjadi Anggota DPR RI tiga periode. Dimyati sendiri merupakan putra daerah yang lahir di Labuan Pandeglang.

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *