News

Andika Bakal Perbanyak Ruang Terbuka Hijau untuk Jaga Kesehatan Lingkungan dan Mental Warga

SERANG – Calon Bupati Serang Andika Hazrumy menargetkan untuk memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Serang jika kelak terpilih pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang 2024. Keberadaan RTH menurutnya sangat penting dalam menjaga kesehatan lingkungan dan kesehatan mental warga sekitar.

“Lebih banyak lagi (RTH) dari yang sudah ada sekarang. Itu akan berdampak positif terhadap lingkungan hidup kita sekaligus juga kesehatan mental warga di sekitarnya,” kata Andika kepada pers di sela-sela kampanye terbatas pertemuan tatap muka pencalonannya di Kecamatan Petir, Rabu (23/10/2024).

Diungkapkannya, RTH memiliki banyak manfaat, mulai dari sebagai paru-paru kota, karena tumbuhan di RTH menyerap karbondioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen.

Lalu, keberadaan RTH akan menurunkan suhu dan memberikan suasana sejuk hingga dapat menjaga keanekaragaman hayati. “Karena RTH menjadi habitat bagi berbagai jenis hewan, seperti burung, mamalia kecil dan serangga,” ujarnya.

Terkait kesehatan mental warga sendiri, RTH dipastikan dapat menjaga kesejahteraan, keamanan, kenyamanan, dan keindahan wilayah perkotaan. “Khususnya untuk wilayah urban atau perkotaan seperti di kita kan ada Cikande, Kibin dan lainnya. RTH penting dalam menjaga kesehatan mental warganya,” ucapnya.

Lebih jauh Andika mengatakan, terkait dengan keinginannya memperbanyak RTH tersebut sudah tercantum dalam visi-misi pencalonannya bersama Calon Wakil Bupati Serang Nanang Supriatna. “Jadi targetnya terkait RTH, Insya Allah ke depan saya dan Pak Nanang memimpin itu satu kecamatan satu taman kota,” tuturnya.

Dikutip dari pengumuman visi-misi pasangan calon pada Pilkada Kabupaten Serang 2024 yang terdaftar di KPU Kabupaten Serang, program satu kecamatan satu taman kota dari pasangan Andika-Nanang merupakan penjabaran dari misi ketiga mereka.

Secara lengkap bunyi misi ketiga adalah mewujudkan penataan ruang yang berwawasan lingkungan melalui peningkatan sarana prasarana dan permukiman serta penguatan sektor pertanian, wilayah pesisir, pariwisata, serta perdagangan dalam rangka mendorong pembangunan berkelanjutan.

 

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *