Olahraga

Lifter Banten Torehkan Tinta Emas di Uzbekistan

SERANG – Cabang olahraga (cabor) angkat besi  kembali menorehkan tinta emas untuk Provinsi Banten. Yang terbaru, lifter Rizki Juniansyah mampu mencetak sejarah saat tampil di kejuaraan angkat besi 2020 bertajuk ‘Asian Youth & Junior Weinghtlifing Championships,’ di Tashkent, Uzbekistan, pada 13-19 Februari 2020.
Dari data yang didapat, Rizky yang berlaga di kelas 73 kilogram mampu menyumbang tiga medali emas untuk rombongan Indonesia.

Emas diraih dari angkatan snatch (139 kilogram), clean and jerk (168 kilogram), dan total angkatan (307 kilogram). Angkatan yang disegelnya pun memecahkan dua rekor dunia remaja sekaligus rekor Asia remaja.

Diketahui, untuk rekor dunia di kelas 73 kilogram remaja, snatch dari 138 kilogram menjadi 139 kilogram, serta total angkatan dari 306 kilogram menjadi 307 kilogram.
Lalu untuk rekor Asia Remaja, pada nomor clean and jerk dari 166 kilogram menjadi 168 kilogram. Demikian catatan resmi IWF.

Menanggapi hasil ini, Pelatih Angkat Besi Banten, Muhammad Yasin mengaku terkejut dengan angkatan yang dipecahkan oleh anak didiknya. Alasannya, ia tidak menyangka jika lifter berusia 17 tahun itu mampu mencapai total angkatan 307 kilogram yang sekarang menjadi rekor dunia di kategori remaja.

“Spektakuler dan amazing menurut saya. Soalnya, selama latihan belum pernah mencapainya dan hasil mendekati saja,” papar Yasin kepada awak media, Senin (17/2/2020).

Ia pun memprediksi anak didiknya tersebut mampu berbicara banyak di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua. Soalnya, dia hanya ditarget mengangkat beban 296 kilogram. “Bila sekarang mencapai 307 kilogram, saya percaya medali PON XX/2020 bisa digenggaman. Entah emas, perak atau perunggu,” ucapnya.

Penulis :NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *