Olahraga

Cabor Kempo Tempa Teknik Tendangan Atlet

TANGERANG – Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua cabang olahraga (cabor) kempo, terus mematangkan persiapan Feric Julianto, kenshi Banten yang lolos ke Bumi Cendrawasih di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Pelatih Kempo Banten, Kusnadi mengungkapkan, salah satu fokus persiapan yang dilakukan saat ini adalah latihan teknik dan sparing partner atau latih tanding. Latihan teknik sendiri menitikberatkan pada latihan tendangan kaki depan atau kaki kiri.

Menurutnya, Feric yang melenggang ke PON dengan meraih medali emas, dinilai masih memiliki kelemahan saat melakukan tendangan kaki depan. “Secara naluri atlet kempo Indonesia kekuatan dan kecepatan kaki depan berbeda dengan kaki belakang saat kuda-kuda. Oleh karena itu, saya latih agar kecepatan dan kekuatannya sama dua-duanya. Hal tersebut jadi senjata andalan saat pertandingan nanti,” bebernya.

Sejauh ini, diakui Kusnadi, sang atlet mengalami peningkatan kemampuan yang cukup baik dibanding saat tampil di babak kualifikasi PON tahun 2019. Peningkatannya mengalami 45 persen dari kemampuan saat Pra PON.

Terkait latihan sekarang, atlet melakoni empat kali latihan dalam sepekan. Di mana Selasa dan Kamis, kenshi asal Kota Tangerang itu latihan mandiri dengan menu latihan fisik. Sedang pada latihan Sabtu dan Minggu, mendalami latihan teknik dan uji tanding dengan sesama kenshi Banten.

Di mana untuk latihan teknik, dikemukakannya, pihaknya mengalami kendala dalam hal fasilitas latihan seiring dibongkarnya tempat latihan kempo di Stadion Benteng, Tangerang. Sekarang berlatih di Gedung KNPI Kota Tangerang di Jalan A. Dimyati tanpa fasilitas seperti di Stadion Benteng.

“Kalau di stadion Benteng kita punya samsak dan fasilitas lain yang dipakai Feric latihan tendangan dan pukulan, sedang di KNPI kita hanya punya ruangan saja,” bebernya.

Meski disiasati dengan menggunakan punching pad saat latihan, namun itu tidak bisa maksimal saat menjalani latihan tendangan. Oleh karenanya, dirinya sedang minta izin dari Dispora Kota Tangerang untuk bisa membuat fasilitas samsak di luar Gedung KNPI.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *