Olahraga

Atlet Recurve Banten Tak Tembus Limit di Seleknas SEA Games

SERANG – Pemanah Banten yang terjun di nomor recurve putra jarak 70 meter, tak mampu berbuat banyak di Seleksi Nasional (Seleknas) SEA Games 2021 di hanoi, Vietnam.
Alasannya, dua atlet yang tampil, tak mampu memenuhi limit yang ditentukan oleh Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) untuk masuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas).

Berlaga di Stadion Mini, Ciceri, Kota Serang pada Rabu (21/10/2020), M Sandy hanya mampu mengumpulkan total 624 poin, sedangkan Duan Novsilas hanya mendapat 531 angka. Sementara limit yang harus keduanya lewati pada Seleknas Pelatnas SEA Games tersebut, adalah 630 poin.
Kepala Bidang Prestasi Pengprov Perpani Banten, Setyo Purwanto mengatakan, gagalnya nomor recurve pada seleknas, diperkirakan akibat program latihan dari rumah. Sehingga feel dan fisik atlet mengalami penurunan, akibat pola latihan yang kurang maksimal.
“Saya melihatnya karena latihan WFH kan jaraknya tidak bisa jauh sampai 70 meter. Sementara di seleknas ini, harus berlomba mencapai jarak segitu. Jadi itu menjadi kendala. Tapi bukan hanya Banten saja, saya mendengar dari daerah lain juga mengalami penurunan poin,” ujarnya.

Menurut dia, akibat dari tidak maksimalnya latihan, menyebabkan komponen fisik berupa kekuatan, kecepatan, dan daya tahan menjadi menurun. Lalu feel pemanah ketika berhadapan dengan kondisi cuaca berangin pun mengalami penurunan.
“Akan tetapi, jika nanti tiga bulan pembinaan lagi ketika semua sudah normal, saya yakin mereka bisa kembali seperti semula,” katanya.
Sementara Ketua Umum Pengprov Perpani Banten, Rita Prameswari Riva’i menerangkan, Banten masih berpeluang untuk dapat memiliki wakil di Pelatnas SEA Games nanti, melalui kategori compound.

Apalagi, ada lima pemanah yang mampu memenuhi limit test scoring. Yakni M Subekhan (698), Danang (695), Danara Handaja (682), Syahara Khaerunnnisa (672), dan Risda Amalia (662). Bahkan untuk M Subekhan dan Danang menduduki peringkat satu dan dua.
“Subekhan ada di urutan atas dengan koleksi 698 poin dan Danang 695. Hanya saja, itu belum final masih posisi sementara dan ada tes lainnya seperti tes mental kepribadian dan tes antropometri,” jelasnya.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *