News

SERANG – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang 2020 pada 9 Desember mendatang, Penjabat Tugas (Pjs) Ade Ariyanto mengecek gudang logistik milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat di daerah Pakupatan, Kota Serang pada Rabu (18/11/2020).

Ade mengatakan, tujuan kedatangannya untuk melihat persiapan pelaksanaan pilkada serta memberikan dukungan kepada panitia pelaksana. “Khawatir ada yang kurang atau ada yang bisa dibantu oleh Pemkab Serang karena logistik dari pusat mulai berdatangan,” kata Ade.

Namun setelah dicek, sambungnya, semua sudah cukup memadai. Ada tiga gudang untuk logistik baik untuk kelengkapan-kelengkapan sekunder maupun yang nanti dikhususkan guna kotak suara.
“Insya Allah kalau penyimpanan seperti ini, kita tenang gitu. Tinggal memikirkan jadwal distribusi logistik bagaimana di tempat-tempat minimal kantor desa atau gedung, gudang lain juga memadai. Walaupun hanya sehari dua hari nyimpan di sana, jangan sampai musim hujan sekarang ada bocor dan sebagainya,” ucapnya.

Apalagi, seperti diketahui, kotak suara itu bahannya campur antara kertas. “Makanya harus diantisipasi kita semua lah. Intinya kami di Pemkab Serang mensupport kegiatan tahapan KPU agar semuanya berjalan sesuai seperti yang diharapkan,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa pihak kecamatan bahkan KPPS dalam kondisi siap, hanya tinggal mempersiapkan penyimpanan-penyimpanan untuk TPS. “Gudang tersebut satu di desa nanti, apakah itu di kantor desa atau gudang lain,” bebernya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menyampaikan, sampai sekarang logistik yang diterima dari pusat sebanyak 60 persen.
“Kita menunggu ada beberapa item logistik yang belum masuk, salah satunya memang yang sangat krusial itu adalah surat suara. Untuk surat suara ini kita rencanakan mungkin tanggal 27 November baru masuk ke gudang dan langsung proses pelipatan surat suara. Ada beberapa formulir yang juga belum masuk seperti formulir C kemudian alat bantu tuna netra. Bila hari ini yang ready masuk adalah masker medis,” ujarnya.
Ia menerangkan, untuk melipat satu juta lebih surat suara pihaknya menargetkan akan selesai dalam empat hari.
“Insya Allah empat hari selesai, kami coba akan menggunakan profesional lah, seperti itu,” pungkasnya.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *