News

Fantastis! ,Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Pandeglang Mencapai Rp.41 Miliar

Pandeglang, – Anggaran perjalanan dinas sekretariat DPRD Kabupaten Pandeglang dinilai fantastis meski pandemik COVID-19 belum berakhir. Pada APBD 2021 Kabupaten Pandeglang anggaran perjalanan dinas wakil rakyat itu mencapai Rp41,15 miliar.

Anggaran perjalanan dinas anggota dewan itu naik Rp 2,51 miliar dari tahun lalu yang hanya mencapai Rp 38,6 miliar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pagu anggaran perjalanan dinas anggota DPRD itu hampir setengahnya dari total alokasi anggaran perjalanan dinas di OPD Pemerintah Kabupaten Pandeglang sebesar Rp 89,98 miliar.

Saat dikonfirmasi hal tersebut, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pandeglang, Ramadani membenarkan alokasi anggaran tersebut, namun dia mengatakan akan mengalami refocusing sebesàr delapan persen sesuai amanat Menteri Keuangan.

“Untuk penanganan COVID-19 dan dukungan pelaksanaan vaksinasi,” kata Ramadani, Kamis (25/2/2021).

Terpisah, aktivis anti korupsi dari Aliansi Lembaga Independen Peduli Publik (ALIPP) Uday Suhada menilai dengan besaran anggaran perjalanan dinas itu, membuktikan wakil rakyat di Kabupaten Pandeglang tidak memiliki sense of crisis. Dimana anggaran malah makin membengkak, dari tahun lalu sebelum datangnya pandemik COVID-19.

“Tahun ini malah gila, mereka sengaja menambah anggarannya ditengah kesulitan masyarakat hingga mencapai Rp 41,15 milyar,” kata Direktur Eksekutif ALIPP tersebut.

Dia mengatakan, seharusnya Pemkab Pandeglang bisa lebih melakukan efisiensi anggaran dengan mengurangi belanja perjalanan dinas yang secara langsung tidak terlalu penting untuk masyarakat.

Ditambah, dia menuturkan, sejauh ini masyarakat hanya melihat fungsi DPRD Pandeglang hanya mengesahkan RAPBD dari eksekutif, sementara fungsi kontrol dan legislasi mandul.

“Dimana letak keprihatinan dan rasa empati mereka terhadap rakyat? Sedangkan kinerjanya tak ada perbaikan,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *