News

Wali Kota Serang Minta Gubernur Banten Tinjau Kebijakan Penutupan Wisata

Serang, – Wali Kota Serang Syafrudin meminta Gubernur Banten Wahidin Halim untuk meninjau ulang kebijakan penutupan sementara tempat wisata. Dia berharap destinasi wisata di wilayahnya tetap dibuka karena masih berstatus zona kuning penyebaran COVID-19.

Diketahui, Gubernur Banten telah mengeluarkan surat edaran untuk menutup seluruh destinasi wisata di Banten selama libur lebaran. Hal ini tertuang dalam surat intruksi Gubernur Banten No.556/901-Dispar/2021 perihal penutupan sementara destinasi wisata. Penutupan dimulai tanggal 16 mei hingga tanggal 30 mei 2021 mendatang.

“Mungkin hari ini atau besok ada pencabutan surat edaran atau ada arahan lain. Sementara dari pusat memperbolehkan,” kata Syafrudin melalui pers rilis, Senin (17/5/2021).

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang itu menyampaikan, jika mengacu kepada arahan dari Presiden Joko Widodo bahwa sektor perekonomian masyarakat harus tetap berjalan, begitupun dengan sektor pariwisata. Hanya dengan memperketat protokol kesehatan dan kapasitas 50 persen.

“Tapi intruksi pak Gubernur yang menutup itu adalah salah satu ke was-wasan,” katanya.

Saat ini, Syafrudin mengatakan, pihaknya berharap Wahidin Halim mempertimbangkan untuk membuka kembali objek wisata karena sangat berkaitan dengan keberlangsungan ekonomi masyarakat kecil.

“Pemkot Serang akan tetap menunggu intruksi pak Gubernur tentang penutupan tempat wisata,” katanya.

Kendati demikian, kata Syafrudin, untuk mengendalikan COVID-19, pihaknya terus melakukan upaya bagaimana menekan penyebaran virus yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut, mulai dai edukasi protokol kesehatan,tracing hingga valsinasi. Kini Ibukota Banten itu berstatus zona kuning.

“Artinya supaya masyarakat mengerti bahwa COVID-19 ada dan menyadari juga virus ini masih ada dilingkungan kita,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *