News

Mulai Besok, RSUD Malingping Bisa Layani Pasien COVID-19

Serang, – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyatakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping, Kabupaten Lebak sudah bisa menerima pelayanan kesehatan bagi pasien COVID-19 pada Jumat (9/7/2021) besok.

Hal itu menyusul adanya permintaan dari Pemerintah Kabupaten Lebak kepada Pemprov Banten untuk menjadikan RSUD Malingping sebagai rumah sakit COVID-19.

“Untuk RS Malingpung sekarang lagi dipersiapkan, info tadi mudah-mudahan Jumat ini sudah bisa dibuka layanan COVID,” kata Ati kepada wartawan, Kamis (8/7/2021).

Kendati demikian, pelayanan untuk pasien COVID-19 di RSUD Malingping masih terbaras. Harus tetap memaksimalkan pelayanan pasien non COVID-19, sebab, di wilayah Banten Selatan hanya ada satu rumah sakit yakni RSUD Malingping.

“Nanti COVID-nya diperbanyak yang sakit non COVID kemana mereka karena untuk Malinping, Cilograng dan Bayah jauh ke RS lain,” katanya.

Setelah dilakukan pengecekan, hanya ada empat tempat tidur yang layak merawat pasien COVID-19 dan hanya membuka tempat isolasi biasa. Sementara ruangan Intensive Care Unit (ICU) penuh terisi untuk pasien non COVID-19.

Jika penuh, lanjut Ati, pasien COVID-19 dari RSUD Malingping bisa langsung dirujuk ke RSUD Banten sebagai pusat rujukan COVID-19.

“Nah RSUD Banten yang kita maksimalkan jumlah tempat tidurnya karena kalau pun disulap jadi RS khusus COVID pun masih ada RS lain yang bisa menampung non COVID-nya,” katanya.

Diketahui sebelumnya, warga Lebak di wilayah Selatan, kesulitan mengakses pelayanan kesehatan khusus COVID-19, akibatnya warga harus ke ibukota kabupaten di Rangkasbitung yang jaraknya cukup jauh atau ke kota/kabupaten tetangga Lebak.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *