Politik

Melihat Peluang PKS Pada Pilkada 2020 4 Daerah di Banten

SERANG – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) salah satu partai yang memilki basis massa yang besar di Provinsi Banten. Terbukti, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu PKS memperoleh suara terbanyak di Banten dengan perolehan 678.040 suara.

Ketua PKS Banten Sanuji Pentamarta mengatakan, melihat hasil Pemilu 2019 lalu tersebut, PKS memiliki peluang terbuka untuk mencalonkan kadernya di empat Pilkada Kabupaten/Kota di Banten.

Disampaikan Sanuji, Kota Tangerang Selatan menjadi daerah paling memiliki peluang besar untuk memajukan kader internal menjadi calon kepala daerah. Mengingat, PKS memilki 8 kursi di Tangsel dengan menyodorkan kader yakni Ruhamaben dan Siti Chadijah.

Di Pilkada Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang pun, menurutnya memiliki peluang terbuka untuk mencalonkan karena hasil Pemilu lalu, PKS mendapatkan 5 dan 6 kursi di daerah tersebut.

“Peluang PKS maju di Pilkada situasinya terbuka di 3 kabupaten/kota, Serang, Tangsel dan Pandeglang tapi kita prioritaskan Tangsel,” kata Sanuji di kantor, Rabu (11/12).

Partai Gelora Tidak Akan Pengaruhi Suara PKS di Banten

Dalam kesempatan tersebut, dia mengatakan, kemunculan partai Gelora yang mayoritas anggotanya merupakan manten kader PKS tersebut, tidak akan membuat suara PKS merosot pada perhelatan Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Terkait partai Gelora kita lihat tradisi politik kita itu jika partai besar ada sebagian kadernya membuat partai kecil itu partai besarnya tidak ada yang tenggelam,” katanya.

Terpisah, pengamat politik dari Untirta Serang Abdul Hamid berharap, PKS berani memajukan kadernya sendiri untuk mengantisipasi munculnya calon tunggal pada Pilkada mendatang di Banten.

Menurutnya, PKS masih memiliki keuntungan untuk memanfaatkan pemilih Prabowo di Pilpres lalu, karena kalangan pemilih yang melihat identitas keislamannya memilih PKS.

“Di Tangsel banyak kalangan muslim perkotaan ya segmen pasarnya ada dan tersedia calonnya,” katanya.

Penulis :WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *