HeadlineNews

Strategi Belajar Persiapan UTBK

Bantenstory – UTBK merupakan Ujian Tulis Berbasis Komputer yang hasilnya nanti akan digunakan untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Banyak juga hal yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi UTBK.

Dilansir dari ruangguru.com artikel ini cocok untuk kamu yang ingin mengetahui beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi UTBK, terutama untuk kamu yang saat ini berada di kelas 12 dan ingin melanjutkan ke universitas impianmu.

1. Persiapkan Mental Kamu

Terdengar sepele, tapi sebenarnya mempersiapkan mental itu sangat penting dalam hal apapun loh. Apalagi saat UTBK kita akan menghadapi banyak saingan untuk memperebutkan universitas yang kamu tuju. Kalau kamu merasa belum siap, alangkah baiknya sekarang kamu perkuat mental dengan mengumpulkan alasan sebanyak mungkin kenapa kamu memulai semua ini.
Ingat untuk selalu berusaha meskipun kamu menemukan banyak kegagalan dan selalu percaya pasti akan selalu ada cara lain menuju kesuksesan.

2. Latihan Soal UTBK Tahun Sebelumnya

Cara kedua mempersiapkan UTBK adalah latihan soal UTBK tahun sebelumnya. Dengan latihan soal dari tahun sebelumnya, akan membantu kamu untuk mengenali seberapa besar kesiapan kamu menuju UTBK sesungguhnya. Melalui latihan soal UTBK, kamu dapat mengevaluasi kemampuan kamu secara efektif. Kamu juga dapat mengukur kemampuan kamu terhadap materi apa saja yang belum kamu kuasai atau yang sudah kamu kuasai dengan baik.
Tips tambahan, kamu bisa berdiskusi bersama dengan teman belajar saat membahas soal UTBK agar kamu semakin terpacu untuk terus belajar.

3. Membuat Target Belajar

Setelah kamu selesai melakukan evaluasi materi, cara jitu selanjutnya adalah dengan membuat target belajar pada setiap minggu. Target belajar ini berguna untuk menjadi penghitung mundur sampai hari ujian tiba. Perlu diingat, dalam membuat target belajar utamakan pada materi yang belum kamu mengerti sama sekali dan materi yang membutuhkan waktu banyak untuk mempersiapkan sehingga kamu masih mempunyai waktu yang cukup untuk mengejar ketertinggalan.

4. Belajar Pahami Konsep

Mungkin banyak dari kamu yang masih belajar dengan cara menghafal saja. Sebenarnya belajar dengan menghafal tidak ada salahnya, namun kamu harus ingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal-soal ujian sekolah lainnya. Soal UTBK menuntut kamu untuk memahami sebuah konsep dasar dari materi soal. Kamu harus dapat berpikir menggunakan nalar untuk bisa menyelesaikan soal-soal UTBK nanti. Nah, mulai dari sekarang coba ubah pemahaman kamu dengan mulai belajar memahami teori dasar dari sebuah materi.

5. Try-out

Try-out merupakan salah satu bentuk evaluasi diri terhadap hasil belajar atau pendalaman materi yang telah kamu lakukan. Jangan sampai kamu terlalu fokus pada pendalaman materi, sehingga kamu melupakan dimana kemampunmu. Try-out bisa kamu lakukan setiap bulan atau saat kamu selesai memahami materi yang telah kamu pelajari. Jika kamu tidak merasa kesulitan saat mengerjakan soal try-out sebelumnya, maka selamat! Perkembangan belajar kamu mengalami kenaikan. Jangan lupa untuk selalu evaluasi materi yang kamu anggap susah untuk dipelajari kembali.

Setelah kamu melihat 5 cara diatas, yuk mulai terapkan strategi dalam persiapan UTBK agar kamu semakin percaya diri dalam menghadapi UTBK mendatang. Tetap semangat untuk belajar dan jangan lupa selalu berdoa dan berusaha untuk mencapai universitas impian kamu.

Penulis: Deya & Raisah

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *