News

Dindik Banten Bantah Data Guru Yang Bocor Dari Website Dinas

Serang- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten membantah data ratusan guru SMA di Kabupaten Tangerang yang beredar disebabkan adanya kebocoran website dinas.

Diketahui sebelumnya, data pribadi ratusan guru dapat diunduh secara bebas oleh masyarakat di situs penyimpanan data vbook.pub.

“Saya luruskan bukan bocor web. Perlu diketahui web Dindik tidak memuat data privat guru data publish aja yang bisa dilihat dan diakses semua masyarakat,” kata Kadindikbud Banten Tabrani, Senin (8/11/2021).

Setelah dilakukan pengecekan, data ratusan guru yang tercantum di situs vboom.pub itu merupakan data lama sebelum dirinya menjabat sebagai Kadindikbud. Kemudian data yang tercantum tidak tercantum nomor induk pegawai (NIP).

“Kalau saya lihat data disana hanya memuat nama, NIK, alamat, nomor hp tidak ada NIP disitu. Kalau disitu ada guru mestinya ada NIP. Tapi itu hanya NIK,” katanya.

Saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku untuk dimintai keterangan guna mengetahui motif pelaku membocorkan data tersebut. Dirinya masih menunggu hasil pendalaman yang dilakukan oleh tim dari Dindikbud Banten.

“Satu orang yang dipanggil belum jelas apakah dia operator apakah dia guru?, apakah dia ASN atau non ASN?,” katanya.

Lanjutnya, jika hasil pemeriksaan ditemukan ada unsur tindak pidananya maka kasus tersebut akan mengambil langkah hukum dengan melaporkan ke Polda Banten.

“Apakah ada pidana disitu kita lihat dulu. Saya juga belum tahu data itu keperluannya untuk apa,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *