Advertorial

Jalin Kerjasama dengan Damri, Fasilitasi Transportasi Massal Hingga Pedesaan

SERANG – Pada tahun 2022, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang membuat trobosan dengan menggandeng menggandeng Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Damri). Tujuannya, agar ke depannya bisa memfasilitasi transportasi massal hingga pedesaan.

Untuk mewujudkannya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dikomandoi Tarkul Wasyit, S.IP, M.Si sebagai Pelaksana Tugas (Plt) dan Sekretarisnya Benny Yuarsa, ATD.M.Si, akan mengoptimalkan fungsi terminal di wilayah yang menjadi naungannya.

Kabupaten Serang sendiri memiliki empat terminal tipe C, yakni Terminal Tanara, Terminal Cikande, Terminal Tunjungteja dan Terminal Anyar.

Tarkul mengatakan, bus Damri nanti dapat menggunakan fasilitas terminal sesuai dengan trayeknya. “Ini sebenarnya sudah berjalan dan mereka punya jalur yang melewati terminal kita,” katanya.

Ia menyampaikan, dengan adanya bus Damri yang beroperasi, dapat merangsang pengusaha transportasi lainnya untuk mengisi rute itu. Sehingga di masa yang akan datang, kebutuhan transportasi umum masyarakat dapat terpenuhi untuk menunjang mobilitas.

Dishub Kabupaten Serang pun sudah menempatkan personel di empat terminal yang ada. Di mana para petugas memiliki kewajiban setiap hari untuk mengatur ke luar masuknya angkutan umum.

“Kami juga sudah atur angkutan umum lainnya untuk berhenti di terminal kita, supaya tidak berhenti di sembarang jalan yang bisa menimbulkan kemacetan,” ucapnya.

Selanjutnya, di tahun 2022, Dishub Kabupaten Serang berencana memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) di lebih dari 300 titik. Penempatan PJU tersebut berdasarkan banyaknya usulan masyarakat.

“PJU menjadi penting untuk memberikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan berlalu lintas kepada pengendara,” jelasnya.

Sementara Kabid Teknik Sarana dan Prasarana (Teksar) pada Dishub Kabupaten Serang, Muhammad Edy Firdaus Lutfie menjabarkan, proposal permohonan pengadaan lampu PJU yang masuk ke mereka cukup banyak seiring dengan jalan-jalan Kabupaten Serang yang kini kondisinya mantap.

“Ada yang aspirasi Anggota DPRD, ada pun proposal yang langsung diajukan oleh pihak desa dan masyarakat. Apsirasi ini perlu kita akomodir,” pungkasnya.(adv)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *