HeadlineNews

Dugaan Korupsi Sentra IKM, Kantor BPKAD Dan Disperindagkop Kota Serang Digeledah Kejari

Serang, – Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Serang menggeledah Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang. Penggeledahan itu terkait dugaan korupsi proyek revitalisasi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) senilai Rp5,5 miliar pada Dinas Perdagangan, Industri dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dispefindagkop) Kota Serang.

Penggeledahan selama kurang dari 4 jam di kantor BPKAD Kota Serang, Rabu (20/4/2022). Selain kantor BPKAD, tim penyidik pun menggeledah kantor Disperindagkop Kota Serang dan kantor BPBJ Serang Bagian Pengadaan Barang Jasa/ Unit Layanan Pengadaan.

Kasi Intel Kejari Serang Rezkinil Jusar menjelaskan penggeledahan ini merupakan usaha dari tim penyidik untuk mencari bukti tambahan dari dokumen-dokumen terkait proyek revitalisasi IKM tahun anggaran 2020 tersebut. Seboks berisi berkas disita oleh penyidik.

“Untuk itu
diperlukannya upaya paksa (penggeledahan) agar penyidikan ini lebih terang dalam pembuktiannya,” kata Rezkinil kepada wartawan.

Disampaikam Rezkinil, tim penyidik Kejari Serang telah meningkatkan kasus tersebut ke penyidikan. Kemudian pihaknya pun telah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan saksi dari sejumlah instansi yang berkaitan dalam perkara tersebut.

“Sudah dilakukan pengumpulan bukti-bukti dan permintaan keterangan terhadap pihak-pihak terkait (saksi) lebih kurang sebanyak 35 orang,” katanya.

Dijelaskannya, Bahwa pada tahun 2019 terdapat kegiatan revitalisasi Sentra IKM pada Disperindagkop Kota Serang dengan pagu anggaran sebesar Rp5.503.960.000 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus tahun 2020.
Proyek tersebut dimenangkan oleh CV. GPM dengan nilai sebesar Rp5.382.390.000.

Setelah dilakukan pendalaman, diduga terdapat indikasi penyimpangan dalam
pekerjaan revitalisasi Sentra IKM tersebut berupa mark-up harga dan hasil pekerjaan
yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

“Kami terus mendalami perkara ini termasuk menetapkan tersangka atau pihak yang harus bertanggungjawab dalam proyek tersebut,” katanya.

Penulis:Ivan

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *