HeadlineNews

Tolak PHK Sepihak, Serikat Minta PT Nikomas Buka Lagi Resign Sukarela

Serang, – Serikat pekerja mendesak PT Nikomas Gemilang membuka kembali program pengunduran diri sukarela karyawan. Hal ini merespon kebijakan rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) massal pada 6 Februari 2023 mendatang.

“Kami minta manajemen buka opsi lagi pengunduran diri sukarela karena yang dilakukan kemarin belum maksimal,” kata Ketua PSP SPN Kawasan Industri Nikomas Gemilang Suprihat, Selasa (17/1/2023).

Dia menilai, program pengunduran diri sukarela pada tahap pertama dinilai belum maksimal. Dimana, dari 1.175 karyawan yang mendaftar hanya sebanyak 896 karyawan yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat.

“Jumlah tersebut tidak memenuhi kuota pengunduran diri yang dibuka untuk 1.600 karyawan,” katanya.

Dia menjelaskan, dampak dari hanya 896 karyawan yang lolos pengunduran diri membuat tidak terpenuhinya kuota yang mengakibatkan adanya PHK sepihak yang dilakukan PT Nikomas Gemilang.

“Iya karena dari kuota 1.600 orang tidak terpenuhi sisanya manajemen mau PHK sepihak dan kami tidak setuju,” katanya.

Sebelumnya, Ratusan karyawan PT Nikomas Gemilang menggeruduk kantor Serikat Pekerja Nasional (SPN) usai mendapat surat pemberitahuan pemutusan hubungan kerja (PHK), Selasa (17/1/2023).

Karyawan perusahaan produsen sepatu merek dunia itu meminta perlindungan agar pihak manajemen membatalkan rencana PHK itu.

“Surat paklaring sudah dikasih ke karyawan, terus karyawan itu tidak mau tanda tangan mendatangi kantor SPN. Sekarang sedang mediasi SPN dengan manajemen,” kata Arya, salah satu karyawan yang terkena PHK saat dikonfirmasi.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *