Advertorial

DPMD Kabupaten Serang Kembali Gulirkan Program Lomba Kampung Bersih dan Aman

SERANG – Pada tahun 2024, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang kembali mengulirkan program Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA). Ini jadi pelaksanaan tahun keenam.

Kepala DPMD Kabupaten Serang, H. Haryadi, S.Sos., M.Si mengatakan, lomba yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bersama salah satu media di Banten, TNI, dan Polri tersebut dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.

Ia menerangkan, ada indikator yang harus tercapai guna mencapai kesejahteraan masyarakat. Salah satunya ialah kesehatan masyarakat.

“Kesehatan akan tercapai dari kebersihan lingkungan. Jadi kami terus dorong supaya bersih diri dan bersih lingkunganm, kemudian bersih dari narkoba. Karena itu akan menjadi permasalahan untuk akan-anak kita ke depan,” ucapnya.

Selain soal kebersihan, LKBA juga menitikberatkan pada partisipasi masyarakat dan budaya gotong royong. Nah, gotong royong sendiri dinilai akan mampu banyak memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Untuk tahapannya sendiri, diakui Haryadi, sudah melaksanakan sosialisi dan telah menetapkan lima kecamatan yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan roadshow LKBA Kabupaten Serang 2024.

Kelima kecamatan tersebut, yakni, Kragilan, Pontang, Tunjung Teja, Cinangka dan Kecamatan Waringinkurung. “Untuk roadshow kita sudah menyusun jadwal mulai dari tanggal 26 Juni sampai dengan 24 Juli 2024. Ada lima titik roadshow yang telah ditentukan dan sudah disepakati oleh Bupati Serang,” ujarnya.

Dia menerangkan, pada setiap titik lokasi pelaksanaan roadshow, akan ada lima sampai enam kecamatan yang menjadi pendukung pelaksanaan roadshow.

Seperti halnya untuk di titik pertama di Kecamatan Kragilan, di mana nantinya ada beberapa kecamatan yang mendukung. Yaitu Cikande, Kibin, Kopo, Jawilan dan Ciruas.

Lalu, untuk titik kedua di Kecamatan Pontang, tanggal 3 Juli 2024, ada lima kecamatan yang mendukung. Yaitu, Kecamatan Tirtayasa, Tanara, Carenang, Binuang dan Lebak Wangi.

Titik ketiga, tanggal 10 Juli 2024, di Kecamatan Tunjung Teja. Kecamatan pendukungnya yakni, Petir, Baros, Cikeusal, Pamarayan dan Bandung.

Lalu, untuk titik keempat, 17 Juli 2024 di Kecamatan Cinangka. Diikuti oleh Kecamatan Ciomas, Pabuaran, Padarincang, Anyar dan Mancak.

Terakhir nanti dilaksanakan di Kecamatan Waringinkurung. Diikuti oleh Kecamatan Kramatwatu, Puloampel, Bojonegara dan Gunungsari.

Haryadi mengungkapkan, terdapat perubahan lokasi untuk pelaksanaan roadshow LKBA Kabupaten Serang tahun 2024 dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dimaksudkan supaya nantinya seluruh kecamatan bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah roadshow LKBA.

“Ini ada perubahan titik-titik karena agar tidak terlalu sering di satu titik agar memberikan kesempatan bagi kecamatan lain sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan roadshow,” tegasnya.

Dari rangkaian yang ada, DPMD Kabupaten Serang menargetkan, penyerahan penghargaan kepada pemenang juara LKBA Kabupaten Serang 2024 dilaksanakan sebelum proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berlangsung pada November 2024. Jika tahun sebelumnya awarding dilaksanakan November atau akhir tahun, maka tahun sekarang dipercepat paling lambat Oktober 2024.(ADV)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *