News

Kasus Hepatitis Akut Pertama di Banten Ditemukan di Kota Tangerang

Serang, – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan data terbaru terkait penyebaran hepatitis misterius. Dua kasus baru tersebut terdeteksi di Banten dan Sulawesi Selatan.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenkes hingga saat ini total ada sebanyak 16 anak di Indonesia yang terinfeksi hepatitis akut tersebut.

Dikonfirmasi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Hastuti menyampaikan, kasus hepatitis akut pertama di tanah Jawara itu ditemukan di Rumah Sakit Mandaya Royal Hospital Puri Kota Tangerang. Pasien tersebut tercatat sebagai warga DKI Jakarta.

“Pasien usia 3 tahun beralamat di DKI ditemukan oleh RS Mandaya dengan suspec/tersangka hepatitis akut,” kata Ati saat dikonfirmasi, Selasa (24/5/2022).

Dikatakan Ati, untuk saat ini kondisi pasien menunjukan gejala ringan sehingga dalam dua hari kedepan akan menjalani rawat jalan. Kemudian pihaknya akan melakukan sejumlah rangkaian pemeriksaan lain terhadap pasien.

“Untuk pemeriksaan lanjutan akan diperiksa pemeriksan hepatitis E dan pemeriksaan penunjang lainnya di litbangkes,” katanya.

Mantan Direktur RSUD Kota Tangerang tersebut menuturkan, terkait hal tersebut pihaknya bersama pemangku kepentingan lainnya telah melakukan pembahasan.

“Dimana kami Dinkes Banten, Dinkes DKI, Dinkes Kota Tangerang, Kemenkes dan pihak RS Mandaya siang tadi sudah melakukan pembahasan terkait kasus tersebut,” katanya.

Ati menegaskan, pihaknya akan menindaklanjuti temuan kasus tersebut secara
kompehensif.

“Pembahasan kasus akan diteruskan esok hari,” tuturnya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *