NewsPolitik

Dimyati Natakusumah Dilaporkan ke Bawaslu Banten atas Pernyataan Kontroversial tentang Perempuan dalam Debat Pilgub

SERANG – Calon Wakil Gubernur Banten Dimyati Natakusumah dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten.

Laporan tersebut terkait dengan pernyataannya saat debat kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten dan disiarkan secara langsung salah satu televisi swasta nasional, pada Rabu 16 Oktober 2024.

Dimyati dilaporkan masyarakat yang tergabung dalam Tim Masyarakat Tampung Demokrasi pada Selasa 22 Oktober 2024. Mereka berdalih Dimyati melanggar tata tertib dan aturan debat yang tercantum dalam PKPU nomor 13 tahun 2024.

“Kami melaporkan Dimyati ke Bawaslu Banten karena kami menduga Dimyati melanggar aturan debat,” kata Kordinator Tampung Demokrasi, Ferry Renaldi.

Ferry menilai, pernyataan Dimyati saat debat perdana pada saat debat merendahkan perempuan. Ia kemudian mengutip pernyataan Dimyati yang dimaksud.

“Statemen saat debat terkait wanita jangan dikasih beban berat apalagi jadi gubernur, itu berat lho maka oleh sebab itu laki-laki lah harus membantu bagaimana Banten ini maju,” kata Ferry, Rabu 23 Oktober 2024.

Dalam laporan tersebut, Ferry menyertakan beberapa bukti, seperti potongan video yang diambil dari kanal YouTube KPU Banten dan dari pemberitaan media massa.

“Prinsipnya kami meminta Bawaslu tegas dan memberikan peringatkan kepada Dimyati untuk tidak mengulangi kembali saat debat selanjutnya,” ucap Ferry.

Diketahui sebelumnya, pada debat perdana Cagub dan Cawagub Banten, Calon Wakil Gubernur Banten 1 Ade Sumardi bertanya kepada pasangan nomor urut 2 terkait penanganan kasus kekerasan dan pelecehan seksual pada perempuan dan anak di Banten.

Cawagub Banten nomor urut 2, Dimyati Natakusumah kemudian menjawab, bahwa ciri manusia yang tidak memuliakan perempuan adalah yang menyuruh kaum perempuan untuk bekerja.

Menurut Dimyati, menjadi pemimpin adalah pekerjaan berat sehingga pekerjaan tersebut tidak boleh diberikan kepada wanita.

Dimyati menyatakan, wanita hanya perlu diberikan kemudahan supaya hidupnya merasa dimuliakan oleh pria.

“Wanita itu jangan terlalu dikasih beban berat apalagi jadi gubernur. Itu berat lho, luar biasa,” ujarnya.

Dimyati menganggap peran laki-laki yang akan memaksimalkan wilayah Banten untuk maju. “Oleh sebab itu, laki-lakilah yang memaksimalkan Banten ini maju,” ucapnya.

Pernyataan tersebut juga sempat sorotan publik. Salah satunya dari aktivis perempuan Rinawati Prihatiningsih.

Pernyataan itu dinilainya tidak hanya menyerang rivalnya, calon Gubernur Airin Rachmi Diany, melainkan kaum perempuan secara umum. Ia menilai pernyataan Dimyati tidak hanya menyerang rivalnya Airin Rachmi Diany, melainkan semua perempuan.

“Perempuan tidak seharusnya diremehkan atau dipersempit ruang geraknya hanya karena asumsi-asumsi tentang kemampuan fisik atau mental,” katanya.

Menurut Rinawati, kepemimpinan sejati terletak pada bagaimana seseorang bisa melayani dan membawa perubahan positif bagi masyarakat.

“Dan hal itu bisa dilakukan oleh siapa pun yang memiliki kemampuan dan komitmen, terlepas dari gender,” katanya.***

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *