News

Partisipasi Vaksinasi Lansia di Kota Serang Jeblok

Serang, – Jumlah warga lanjut usia (Lansia) di Kota Serang, Banten yang mengikuti program vaksinasi baru mencapai 2600 orang. Padahal, target yang telah tercatat di Dinas Kesehatan Kota Serang sebanyak 23.000 lansia.

Untuk diketahui, program vaksinasi lansia di Ibukota Provinsi Banten sudah dimulai sejak 1 Maret 2021 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M Ikbal mengakui bahwa partisipasi lansia untuk program vaksinasi di wilayahnya masih rendah. Sudah hampir berjalan satu setengah bulan tingkat partisipasi masih anjlok baru menyentuh 11,8 persen. Para lansia masih tidak datang ke faskes meski sudah me mendapat jadwal vaksinasi.

“Jadi kita masih relatif kecil. Makanya kita minta surat edaran ke pak sekda camat, lurah untuk menggerakan sasaran, petugas kita sudah siap. Tinggal sasarannya aja yang datang,” kata Ikbal saat dikonfirmasi, Selasa (13/4/2021).

Meski pun, lanjut Ikbal, upaya untuk meningkatkan partisipasi vaksinasi lansia sudah dilakukan oleh Pemkot Serang dengan menggelar vaksinasi di tiap RW membentuk posko vaksinasi hingga vaksinator diterjunkan kepada warga yang tidak datang saat jadwal vaksinasi.

“Sosialisasi sudah jalan kadang-kadang kan orang tua kurang dukungan (informasi dari keluarga),” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, Kota Serang merupakan daerah yang paling rendah tingkat partisipasi vaksinasi lansia se Banten. Oleh karenanya, Ati menuturkan, Gubernur Banten Wahidin Halim langsung mengirim surat teguran kepada Pemkot Serang atas kondisi tersebut.

“Mungkin mereka masih takut divaksin atau mungkin juga sosialisasi kurang gencar di Kota Serang,” katanya.

Penulis:WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *