News

RSUD Banten Rawat 14 Pasien PDP dan 1 Pasien Positif

SERANG – Hari kedua beroperasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten telah merawat 14 pasien dalam pengawasan (PDP) dan satu pasien positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Pasien yang telah dinyatakan positif merupakan rujukan dari salah satu rumah sakit (RS) rujukan di Banten.

Sebagai RS pusat rujukan pasien COVID-19, RSUD Banten hanya menerima pasien PDP berdasarkan rujukan dari RS lain di Banten.

“Perhari ini ada 14 pasien PDP dan satu orang dinyatakan positif dari RS sebelumnya, RSUD Banten ini pusat rujukan dari RS yang ada di Banten,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banten yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji, Kamis (26/3).

Dikatakan Ati, jumlah kasus COVID-19 di Banten terus meningkat setiap hari, hingga pukul 19:30 WIB berdasarkan situs infocorona.bantenprov.go.id terdapat 52 warga Banten yang positif terinfeksi korona. Rinciannya, Kabupaten Tangerang 17 masih dirawat dan 1 sembuh. Kota Tangerang 13 masih dirawat dan 4 meninggal. Terakhir, Kota Tangerang Selatan 14 masih dirawat dan 3 meninggal. Total ada 7 warga Banten yang meninggal dunia.

“Yang positif 52 kasus nambah dua 1 dari kota tangerang dan 1 lagi dari Tangsel,” tutur mantan Dirut RSUD Kota Tangrang tersebut.

Disampaikan Ati, saat ini sudah banyak pasien PDP yang akan dirujuk ke RSUD Banten dari RS rujukan lain di Banten. Namun, mereka harus menempuh proses sesuai standar operasional (SOP) merujuk pasien COVID-19 dengan memperhatiakn keamanan pasien dan petugas medis.

“kami sudah informasikan bagaimana mereka tata cara merujuk ke RSUD Banten agar sesuai SOP dan keamanan terjamin bagi pasien dan petugas kesehatan,”katanya.

Sementara untuk orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 1.400 yang tersebar di delapan kabupaten/kota. Rinciannya, Kabupaten Pandeglang 243 dipantau dan 1 sembuh, Kabupaten Serang 224 dipantau dan 6 sembuh, Kabupaten Tangerang 143 dipantau dan 51 sembuh. Kota Tangerang 291 dipantau dan 36 sembuh, Kota Tangerang Selatan 192 dipantau dan 12 sembuh, Kota Serang 53 dipantau dan 2 sembuh, Kota Cilegon 93 dipantau dan 1 sembuh serta Kabupaten Lebak 43 dipantau dan 10 sembuh.

Sedangkan untuk PDP berjumlah 201 orang dengan rincian di Kabupaten Pandeglang 3 dirawat dan 3 sembuh, Kabupaten Serang 3 dirawat dan 3 sembuh, Kabupaten Tangerang 35 dirawat dan 6 sembuh. Kota Tangerang 50 dirawat dan 4 sembuh, Kota Tangerang Selatan 87 dirawat dan 2 sembuh, Kota Serang 4 dipantau dan Kota Cilegon 1 dirawat. Lalu untuk Kabupaten Lebak nihil.

Penulis :WR

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *