Advertorial

Serapan Tenaga Kerja di Kabupaten Serang Mencapai 7.349 Orang

SERANG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang mencatat serapan tenaga kerja atau Pencari Kerja (Pencaker) yang telah dilakukan penempatan kerja dari Januari hingga September mencapai 7.349 orang.

Sedangkan, untuk jumlah pencaker dari Januari hingga September 2023 mencapai mencapai 9.700 orang. Dengan demikian, persentase antara pencaker dengan penempatan sudah mencapai 75,76 persen.

Adapun untuk rinciannya, pencari kerja laki-laki dari Januari hingga September 2023 sebanyak 4.975 orang dan pencari kerja perempuan sebanyak 4.725 orang.

Sedangkan, untuk pencari kerja yang sudah dilakukan penempatan kerja untuk laki-laki sebanyak 3.950 orang dan perempuan 3.399 orang.

Kemudian untuk lowongan pekerjaan sendiri sejak Januari hingga September 2023 untuk laki-laki sebanyak 379 orang dan untuk perempuan 129 orang atau totalnya sebanyak 508 lowongan kerja.

“Persentase antara pencari kerja dan penempatan 75,76 persen,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Serang Dedi Rosekhudin.

Sementara Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang, Diana Ardhianty Utami, S.H., M.M. mengatakan, untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Serang pihaknya melibatkan berbagai pihak yang tergabung dalam forum Skill Devlopment Center (SDC) yang sudah memberikan berbagai pelatihan.

“Sudah banyak pelatihan yang dilaksanakan seperti pelatihan kecantikan, pelatihan barista, pelatihan kelistrikan dan pelatihan sevice Air Conditioner (AC),” ucapnya.

Selain itu, beberapa perusahaan seperti PT Inti Everspring Indonesia di Kecamatan Puloampel pun mengirimkan warga sekitar untuk dilatih di Balai Latihan Kerja (BLK) dan PT IHI Group mengirimkan 32 orang warga untuk dilatih di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Serang.

“Jenis pelatihannya bisanya disesuikan dengan kebutuhan yang ada diperusahaan tersebut. Semua pelatihan gratis dan satu paket pelatihan pesertanya 16 orang,” ungkapnya.(adv)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *